Wawako Palembang Fitrianti Agustinda

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Rumah susun (Rusun) di Jalan Radial direncanakan akan menjadi pusat bisnis di Kota Palembang. Hal menjadi konsep pembangunan revitalisasi dilakukan nantinya.

Dalam agenda Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang itu diutarakan oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda saat menghadiri pembahasan Revitalisasi Rusun di salah satu acara stasiun Televisi lokal di Palembang Rabu,(28/4/2021).

“Revitalisasi Rusun akan segera diwujudkan. Konsepnya hunian modern dan akan menjadi pusat bisnis di Palembang,”katanya

Menurutnya Rusun di Jalan Radial sendiri berada di jantung Kota Palembang. Dengan itu revitalisasi sangat penting karena sama saja seperti merubah perwajahan Kota Palembang itu sendiri.

“Rusun ada di pusat Kota Palembang menjadikan pusat bisnis akan membantu perekonomian semua warga. Tidak hanya itu, revitalisasi rusun membuat Kota Palembang akan menjadi lebih cantik lagi,”ujarnya

Selanjutnya dia juga menyebutkan estetika rusun turut diutamakan. Pihaknya akan membangun ruang hijau agar lingkungan tidak gersang dan juga akan menjadikan kawasan rusun taman Kota.

Disinggung kapan akan direalisasikan? Finda menjawab, pihaknya berencana secepatnya akan mengunjungi Kementerian pusat terkait revitalisasi tersebut.

“Saya akan berangkat ke kementerian pusat bertanya kapan revitalisasi dilakukan. Sekaligus memastikan siapa yang akan bertanggung jawab. Apabila pembangunan diserahkan sepenuhnya ke Pemkot tentunya kita sangat siap dan segera melakukan revitalisasi,”pungkasnya.

Rusun di Jalan Radial terlihat sangat kumuh

Rusun sendiri telah dibangun sejak tahun 1984 atau sekitar 37 tahun lalu. Berdasarkan data rusun seluas 11 hektar ada 53 blok dan terdapat 8 ribu jiwa yang tinggal.

Alasan Pemkot melakukan revitalisasi karena kondisi bangunan rusun telah tua dan rapuh. Apabila revitalisasi tidak segera dilakukan dikhawatirkan berdampak buruk kepada warga yang tinggal disana.