Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diwakili Kepala BPBD Prov Sumsel H. Iriansyah., S.Sos., SKM, M.Kes menghadiri Apel Gelar Personel dan Alutsista Latihan Kesiapsiagaan Operasional Kodam II/Swj dan Koops AU I TA 2021. Apel yang dipimpin Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi ini bersinergi dengan Tim Satgas Karhutla dari Setiap OPD Pemerintah Provinsi Sumater Selatan. (Apron Baseops Lanud SMH, Palembang, Rabu, 14/4/2021)

Dalam sambutannya, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan bahwa kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan karhutla dilakukan dengan tujuan memastikan kesiapan akhir personil dan alutsista serta alat kelengkapan dan sarana prasarana lainnya dalam menanggulangi bencana karhutla.

“Dengan kesiapan yang optimal, maka kita dapat mengantisipasi dan mengatasi setiap kendala yang mungkin dihadapi dilapangan nanti dan dapat meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh karhutla. Saya harap setiap personil satgas yang telah dibentuk untuk dapat berkoordinasi dengan tim satgas lainnya dengan demikian tugas dapat berjalan dengan baik”, tegasnya.

Untuk diketahui upaya Pemprov Sumsel dalam menanggulangi karhutla 2 tahun trakhir ini benar-benar maksimal. Terbukti dengan kesungguhan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru bersinergi dengan pihak terkait hingga menuju Sumsel yang Hampir tidak ada titik Hotspot dan zero asap. Hingga menyediakan anggaran khusus penanggulangan karhutla, membuat Tim Satgas Karhutla, sosialisasi sampai ke masyarakat Desa dan perusahaan dan menyiapakn produk hukum baginperusahaan atau per orangan yang menyebabkan timbulnya karhutla.

Turut hadir Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof. Eko Indra Heri S, M.M, Kepala Stasiun BMKG SMB II Palembang, Desindra Deddy Kurniawan