Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumsel H.Herman Deru menghadiri peluncuran Gerakan Cinta Zakat dan Penyerahan Zakat Tahun 2021 oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual, dari Command Centre Pemprov Sumsel, Kamis (15/4/2021) siang.

Dengan adanya gerakan ini, HD optimistis kepatuhan masyarakat Sumsel untuk menunaikan zakat dapat semakin meningkat.

Dikatakan HD, keberadaan Baznas sangat diperlukan agar pengelolaan zakat semakin efektif. Menurutnya semakin banyak umat yang bergotong royong menyalurkan zakat ke Baznas maka akan semakin besar pula potensi untuk membantu masyarakat Sumsel melalui program-program Baznas.

Apalagi berdasarkan riset Baznas RI, potensi zakat di Sumsel sebesar Rp2,3 triliun per tahun. Sehingga jika potensi ini dapat terealisasi dan terkoordinir dengan baik maka diyakini akan sangat membantu membangkitkan ekonomi umat.

Sementara itu dalam sambutannya saat peluncuran Gerakan Cinta Zakat dan Pembayaran Zakat Melalui Baznas Tahun 2021, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa sejak peluncuran ini zakat sudah dapat dilakukan secara online.

Presiden Jokowi berharap dana yang dihimpun ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu saudara-saudara yang mengalami kesulitan akibat Pandemi Covid serta membantu mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh di Indonesia.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga menghimbau seluruh pejabat negara, BUMN, kepala daerah untuk menunaikan zakat melalui amil zakat resmi.