Detak-Palembang.com – Palembang, (Pendam II/Sriwijaya). Pangdam II/Sriwijaya mengikuti pembukaan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Penanggulangan Bencana Alam Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Sumsel dan Sumbagsel TA 2021, secara virtual di gedung A. H. Nasution Makodam II/Sriwijaya.

Kegiatan pembukaan LKO ini dipimpin oleh Pgs. Dankodiklat TNI Marsekal Muda TNI Eko Dono Indarto, S.I.P., M.(Ter) Han., dan dalam kesempatan tersebut secara resmi membuka Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Penanggulangan Karhutla, Senin (12/4/2021).

Latihan ini akan berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 12 hingga 15 April 2021 dengan mengusung tema, “Kodam II/Swj Dan Koopsau I Membantu Pemda Menanggulangi Akibat Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Wilayah Sumsel, Lampung, Jambi, Bengkulu Dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Rangkaian kegiatan pembukaan LKO diawali sambutan dari Pangkoopsau I, beliau menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk bersinergi dengan Kodam II dalam rangka penanggulangan Karhutla di wilayah Kodam II/Sriwijaya. “Laksanakan latihan secara serius dan fokus serta utamakan keselamatan kerja selama latihan dan kedepankan koordinasi dalam setiap tahapan latihan”, tegasnya.

Selanjutnya Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Agus Suhardi dalam sambutannya menjelaskan bahwa, Tugas Pokok TNI sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 adalah Menegakkan Kedaulatan Negara, Mempertahankan Keutuhan Wilayah NKRI serta Melindungi Segenap Bangsa Indonesia yang dilaksanakan melalui Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang. Dalam pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang diantaranya dilaksanakan tugas bantuan kepada Pemerintah Daerah.

Kodam II/Swj dan Koopsau I merupakan dua Kotamaops TNI, yang dipersiapkan dalam rangka tugas membantu Pemerintah Daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan terkait perkembangan situasi di wilayah tugasnya, yang khususnya meliputi wilayah tanggungjawab Kodam II/Swj yaitu Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk itu, kata Pangdam, dilaksanakan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Kodam II/Swj dan Koopsau I TA 2021 dalam rangka menguji Kesiapsiagaan Ops Kodam II/Swj dan Koopsau I TA 2021 dalam mengaplikasikan Rencana Operasi Tanggap 21-01 dan Rencana Operasi Kareo Sakti-21 tentang Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Melalui latihan ini diharapkan dapat diketahui sejauh mana kesiapan Kodam II/Swj dan Koopsau I dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam dan menyiapkan tindakan yang diambil apabila bencana alam tersebut benar-benar terjadi, sehingga Kodam II/Swj dan Koopsau I senantiasa mampu meningkatkan Kesiapsiagaan Operasional satuannya secara terkoordinasi dan terpadu bersama-sama dengan unsur Pemerintah Daerah dan Instansi lainnya yang terkait”, ungkap Pangdam.

Usai pembukaan, kegiatan dihari pertama ini dilaksanakan Taklimat Panglima TNI terkait kegiatan LKO Kodam II/Swj dan Koopsau I secara Virtual dan Rakor Forkopimda terkait LKO Kodam II/Swj dan Koopsau I, Pemberian petunjuk perencanaan/perintah kesiapan LKO Kodam II/Swj dan Koopsau I, kemudian dilanjutkan dengan diskusi bagaimana melaksanakan Cara Bertindak terbaik kegiatan LKO.

Turut hadir dalam acara pembukaan LKO Kodam II/Swj dan Koopsau I, Komandan Pusat Latihan Kodiklat TNI, Marsekal Pertama TNI Andi Heru Wahyudi dan Direktur Latihan Kodiklat TNI Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, beserta Tim Penyelenggara Kodilkat TNI, Wakapolda Sumsel, Kasdam II/Swj, Irdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, Danlanud SMH Palembang, Danlanal Palembang, Asrendam dan para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Kabalakdam II/Swj, LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj, Kepala BPBD Sumsel serta Kepala BMKG Sumsel.