Gubernur Sumsel Herman Deru

Detak-Palembang.com, PALEMBANG – Di tahun ini, bulan Ramadan tetap beriringan dengan pandemi Covid-19. Untuk itu, protokol kesehatan (prokes) tetap digaungkan pemerintah untuk terus dilaksanakan para warga.

Sama halnya dengan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Gubernur Sumsel Herman Deru tetap mengingatkan ke warganya, agar tidak meninggalkan prokes Covid-19 di setiap aktivitas di luar rumah.

Untuk keputusan pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di akhir bulan Ramadan mendatang, Herman Deru mengatakan jika aktivitas tersebut boleh dilaksanakan.

“Salat tarawih tetap jalan, prokes (jalan). Salat Idul Fitri juga jalan, prokes (tetap jalan)/ Kita menghormati keputusan pusat, saya sebagai gubernur juga menghormati itu,” ucapnya, Rabu (21/4/2021).

Sedangkan untuk aktivitas pulang kampung saat Idul Fitri 1442 Hijriah mendatang, Pemprov Sumsel akan mengerahkan para petugas di perbatasan provinsi.

Salah satunya akan diajarkan tentang trik-trik pertanyaan yang akan diajukan ke para warga, yang melintas di perbatasan daerah.

“Untuk pulang kampung, saya tidak mau menyebut mudik. Terkait dengan Idul Fitri, petugas akan dibekali dengan pertanyaan-pertanyaan cerdik, tidak bisa kita kaku. Semua kalau mobil bawa koper, belum tentu mudik,” katanya.