Detak-Palembang.com – Palembang , Usai melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dan peresmian Pojok Baca Digital (POCADI) Bandara SMB II Palembang, Ketua TP PKK Sumsel, Hj Febrita Lustia Herman Deru mengunjungi tempat pelaksanaan GeNoSe C19 di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB). Kamis, 1/4/2021

Feby mengapresiasi tersedianya GeNoSe C19 di SMB II. “Kepada para penumpang yang mau berpergian yang belum sempet swab bisa ke SMB II melakukan GeNoSe C19 yang ternyata keakuratannya 92 persen dengan biayaa murah dan terjangkau yaitu 40 ribu,” katanya

Dalam kesempatan itu, Feby juga menyapa salah satu pengunjung yang tidak menyebutkan namanya mengaku sangat menyambut baik hadirnya Genose c19 di Sumsel khususnya di Bandara SMB II karena dapat digunakan untuk mengecek covid-19 dengan murah dan mudah.

Sementara itu, Eksekutif GM Pimpinan PT Angkasa Pura II, Krat Tomi Arisdianto, mengatakan GeNoSe C19 telah diberlakukan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II per tanggal 1 April 2021. GeNoSe C19 merupakan layanan pemeriksaan Covid-19 yang merupakan alat buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mendeteksi virus corona melalui hembusan napas.

“Alhamdulillah per tanggal 1 April 2021 ini SMB II dipercaya pemerintah menjadi salah satu pemberi pelayanan GeNoSe C19, saat ini kita sediakan 800 GeNoSe C19 untuk 1 hari, kita targetkan minimal 20 persen dari penumpang menggunakan GeNoSe C19,” katanya.

Ia ungkapkan GeNoSe C19 di SMB II diberlakukan dengan biaya Rp 40 ribu. Selain itu, SMB II juga tetap menyediakan layanan rapid test. Menurutnya, masyarakat bisa memilih apa yang akan digunakan. Dimana GeNoSe C19 berlaku 1x 24 jam.

Ia mengingatkan bagi masyarakat yang ingin melakukan GeNoSe C19 untuk tidak makan makan berbau seperti merokok, minum kopi, atau lainnya.