Detak-Palembang.com MARTAPURA – Bupati OKU Timur, H. Lanosin, S.T. membagikan 1000 paket sembako diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu di sejumlah daerah di wilayah kabuaten Ogan Komering Ilir (OKU) Timur, Rabu, (14/04/2021) pada hari kedua puasa Ramadhan 1442 Hijriah.

Dalam kegiatan tersebut selain dihadiri bupati hadir juga Ketua BAZNAS M. Syahri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Fauzi Bakrie. 

”Alhamdulillah, melalui pemberian paket sembako paling tidak membantu meringankan kebutuhan keluarga penerima,” kata Bupati Enos saat di wawancarai. 

Pemberian bantuan sembako kepada para petugas kebersihan ini merupakan agenda atau program tahunan Baznas, yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. 

“Baznas bekerja sama dengan pemerintah dalam menentukan atau meminta data mengenai siapa saja yang berhak menerima bantuan sembako tersebut, ” ujar ketua Baznas OKU Timur, M. Syahri. 

“1.000 paket sembako itu disalurkan di tiga zona Kecamatan di awali Kecamatan Martapura, disusul Kecamatan Buay Madang, Kecamatan Belitang,” lanjutnya. 

“Pembagian sembako disalurkan oleh petugas Baznas di masing-masing Kecamatan sekaligus untuk mengetahui kondisi penerima secara langsung,” katanya.

Menurutnya, penyaluran bantuan bagi warga kurang mampu menjadi bagian dari tugas lembaganya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

“Penyaluran bantuan langsung di lapangan selain untuk mengetahui kondisi penerima juga untuk membangun silaturahmi serta mengantisipasi jangan sampai bantuan itu salah sasaran,” katanya. 

Sebagai lembaga pemerintah non struktural dan bersifat mandiri, kata dia, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah termasuk menghimpun zakat mal dari bupati dan pejabat daerah setempat.