Kasat Lantas Polrestabes Palembang Kompol Endro Wibowo

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kasat Lantas Polrestabes Palembang Kompol Endro Wibowo mengatakan, Operasi Ketupat Musi 2021 pengamanan lebaran idul Fitri akan digelar pada tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

“Personil yang dilibatkan operasi ketupat 2021 adalah 255 personil Polri, 150 personil terkait seperti TNI 60 personil, Dishub Palembang, Dinkes dan Satpol PP Palembang, Poluska dan Sencom,” katanya ditemui diruang kerjanya, Jumat, (30/4/2021).

Menurutnya, ada 11 pos yang tersebar, dan personil gabungan ini akan disebar di 11 pos tersebut baik itu pos pengamanan, pelayanan maupun penyekatan.

“Bagi masyarakat yang masih nekat melintas namun tidak bisa mempertanggung jawabkan perjalanannya dengan dibuktikan syarat syarat misalnya bukti pcr atau swab, anti gen dan surat jalan kalau bertugas. Maka kami akan menyuruh memutar balik kendaraan dan tidak meneruskan perjalanan,” tukasnya.

Dia mengimbau di masa pandemi saat ini, lebih baik masyarakat merayakan idul Fitri di rumah masing-masin.

“Bisa kita saling ucap dan sapa dengan menggunakan video call,” terangnya.

Disinggung soal larangan mudik dari pemerintah pusat. Dia menjawab tahun ini disebutkannya sama seperti lebaran tahun lalu ada larangan mudik.

“Ada larangan mudik dari pemerintah, baik dari surat edaran satker Covid-19, surat edaran kementerian perhubungan, dari Kemenpan juga untuk mengatur PNS untuk tidak berjalan atau keluar dari wilayah kabupaten kota dan provinsi pada 6-17 Mei 2021,” terang Endro.

Dilanjutkannya, pada tanggal 6-17 Mei ini tidak ada lagi aktivitas angkutan manusia,

“Yang hanya boleh angkutan barang, dan angkutan obat obatan seperti vaksin. Jadi di tanggal ini baik laut darat dan udara tidak ada aktivitas angkutan manusia,”pungkasnya