Detak-Palembang.com – Tanjung Enim , Keinginan Sumatera Selatan untuk menjadi lumbung energi nasional semakin nyata. Dengan dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Lalang atau lebih dikenal dengan PLTU 8 Sumsel
.

“Pembangunan PLTU Tanjung Lalang ini semakin membuktikan Sumsel merupakan lumbung energi nasional,” ujar Gubernur Sumsel H Herman Deru saat meninjau progres pembangunan PLTU 8 Sumsel tersebut, Sabtu (13/3).

Terlebih, pembangunan PLTU dengan kapasitas 2 X 660 megawatt oleh PT Bukit Asam yang bekerjasama dengan perusahaan asal negeri Tirai Bambu itu disebut-sebut merupakan yang terbesar dan mampu mensuplay kebutuhan listrik di pulau Sumatera.
.
“Bahkan kita bisa mensuplai energi listrik kita ke pulau lain jika jaringan listrik bawah laut telah tersedia. ini akan menjadi satu-satunya kawasan ekonomi khusus energi yang di dalamnya juga akan memproduksi batubara menjadi gas dan hasil produksi lainnya dan ini yang pertama,” paparnya.
.
HD sendiri menyatakan dukungannya terhadap pembangunan PLTU tersebut. Sebab, dia menilai, PLTU tersebut akan membawa dampak baik bagi Sumsel.
.
Turut hadir Para Kepala OPD Prov Sumsel