Sekda Palembang, Ratu Dewa menjadi orang pertama melakukan tes urine (foto Diskominfo)

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemberantasan narkoba dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bukan isapan jempol belaka. Terbukti tes urine dadakan kali ini, dilakukan di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Selasa,(30/3/2021).

Sebelumnya tes urine dilakukan Dinas Perhubungan dan Kesbangpol Palembang. Hal ini menandakan bukti nyata di lingkungan ataupun jajaran Pemkot Palembang bebas dari narkoba.

Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa menjadi orang pertama yang melakukan tes urine. Lalu para pejabat dan seluruh kepala OPD ikut melakukan tes urine setelahnya.

“Hari ini adalah yang ketiga kita melakukan tes urine setelah sebelumnya Kesbangpol dan Dinas Perhubungan. Dan hari ini tes urine dilakukan untuk para pejabat, mulai dari Sekda, Kepala OPD hingga seluruh Camat, dengan total jumlah lebih kurang 69 orang,” kata Sekda Palembang Ratu Dewa usai melakukan tes urine Selasa,(30/3/2021).

Diakuinya Pemkot Palembang akan membuktikan tidak ada ASN dan non PNSD terlibat dalam jaringan gelap narkoba ataupun menggunakan narkoba. Makanya pihaknya konsentrasi menindaklanjuti Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang instruksi tersebut.

“Kita harapkan, seluruh ASN di kota Palembang bahkan non PNSD juga akan kita adakan tes urine, karena kita tidak ingin ASN ataupun non PNSD terkena yang namanya narkoba,”pungkasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Palembang Edison mengatakan, juga sangat mendukung Inpres Nomor 2 Tahun 2020.

“Secara pribadi saya sangat mendukung Inpres yang ditindaklanjuti oleh Pemkot Palembang,”katanya

Selain bisa memantau apakah ada pejabat atau semua staf di lingkungan Pemkot menggunakan narkoba. Namun disisi lainnya tes urine juga bisa memeriksa kesehatan pribadi seseorang.

“Paling tidak bisa memantau kondisi kesehatan seluruh pejabat. Dan kita mendukung sepenuhnya,”pungkasnya