Detak-Palembang.com – Palembang Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru mengeluarkan Keputusan Gubernur Sumsel nomor 128/KPTS/1/2021 mengenai penunjukan Pelaksana tugas harian (Plh).

Nama Sekda Sumsel, Nasrun Umar, ditunjuk memimpin Muara Enim beberapa waktu ke depan sembari menunggu keputusan penunjukan Pelaksana tugas (Plt) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Saya akan lakukan konsolidasi karena kondisi di Muara Enim tidak punya tiga pucuk pimpinan sekaligus. Bupati dan Wabup terpilih tersandung kasus hukum. Keprihatinan makin lengkap saat Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim meninggal dunia,” ungkap Nasrun Umar, Selasa (16/02)

Nasrun akan merangkap dua jabatan sekaligus sebagai Sekda Sumsel dan Plh Bupati Muara Enim. Keputusan Gubernur Sumsel menunjuk dirinya kata Nasrun, disebabkan kondisi yang terjadi di Bumi Serasan Sekundang tidak lazim. Perlu landasan atas segala aspek pertimbangan yang dilakukan Gubernur Sumsel sebagai perpanjangan tangan pusat di daerah.
“Dalam kondisi ketiga pucuk pimpinan daerah tidak ada pada tempatnya maka terjadi diskresi. Gubernur berpikir bahwa sebagai pimpinan butuh seorang ASN dengan pengalaman dan kemampuan mengelola birokrasi,” ujar dia.

Nasrun akan mengelola ASN di Muara Enim Nasrun menilai, pengalamannya sebagai orang nomor satu di lingkaran ASN Sumsel membuat dirinya sadar, amanah yang diberikan merupakan tanggung jawab. Dirinya akan melakukan konsolidasi untuk memberi rasa nyaman dan sejuk di lingkungan ASN Muara Enim.
“Arahnya good government dan clean government. Nanti detailnya akan dilakukan dengan pembenahan management ASN dan kinerja saat saya ke Muara Enim,” ujar dia.

Nasrun akan bekerja di dua kota sebagai Sekda Provinsi Sumatera Selatan  dan ditunjuk sebagai Plh Bupati Kab Muara Enim , Gubernur Sumsel tetap meminta Nasrun Umar tidak melupakan tugasnya sebagai Sekda Sumsel.

Dirinya masih harus menghadiri penyerahan Surat Keputusan Plh kepada tujuh kabupaten yang mengikuti pilkada serentak.
“Setelah penyerahan Plh ke tujuh kabupaten, saya akan ke Muara Enim. Doakan saya supaya selalu sehat. Ini amat sangat menyita waktu pikiran tenaga,” ujar pria yang berusia 58 tahun ini.