Detak-Palembang.com – Palembang , Wali Kota Palembang H Harnojoyo meresmikan 1.015 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). dilaksanakan di Ruang Parameswara, Sebanyak 47 perwakilan CPNS mewakili setiap OPD dan 2 orang PPPK. Rabu (03/02)

“Selamat saya ucapkan kepada seluruh CPNS dan P3K. Tidak mudah untuk menjadi CPNS, karena banyak yang mengikuti tes ini. Ada 17 ribu yang ikut menjadi peserta dan yang terpilih hanya beberapa persen dari total peserta ini,” ujar Harnojoyo.

Ia berharap pegawai yang telah diresmikan bisa membantu kinerja pemerintah kota dalam memajukan Kota Palembang tercinta. “Serta menjadi pegawai yang handal.”

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palembang, Reza Fahlevi, mengatakan, pihaknya memberikan waktu dua hari kepada para CPNS dan PPPK untuk mengambil SK peresmian.

“Bisa diambil melalui kasubag kepegawaian masing-masing OPD,” ujar Reza.

Setelah itu, setiap CPNS ini mengikuti prajabatan dan gaji yang mereka dapatkan baru 80 persen. Setelah pra jabatan maka akan dapat penuh, 100 persen.

Reza menyebutkan, kuota 1.015 ini masih dinilai belum memenuhi kebutuhan pegawai di Pemkot Palembang.

“Terutama untuk guru, kita masih banyak kekurangan guru SD dan SMP.”

Kekurangan ini kata dia, sudah diusulkan ke pemerintah pusat dan saat ini masih menunggu bagaimana teknisnya.

“Kita ajukan tenaga guru sekitar 500-an, tenaga kesehatan dan teknis lainnya. Tapi, kita prioritaskan untuk tenaga guru,” kata Reza.

Dia mengatakan, karena adanya pandemi ini membuat peresmian CPNS 2019 ini dilakukan secara terbatas.

“Seharusnya semuanya dilantik secara langsung namun karena pandemi jadi kita lakukan secara terbatas. Dari 1.015 orang jadi hanya 47 CPNS dan 2 PPPK jadi total 49 orang.”

Meski terbatas, peresmian CPNS dan PPPK ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan, yakni memakai masker serta menjaga jarak.

Hadir dalam acara ini, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, dan para kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkot Palembang.