Kasat Lantas Polrestabes Palembang Kompol Yakin Rusdi

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Polrestabes Palembang tidak lama lagi akan memiliki pohon dari knalpot. Itu hasil dari keluhan warga karena kebisingan dari knalpot racing dan penindakan balapan liar.

Kasat Lantas Polrestabes Palembang Kompol Yakin Rusdi mengatakan selama empat pekan telah melakukan razia penertiban balapan liar. 

“Sudah empat Minggu kita lakukan razia, ada 80 knalpot racing kita amankan. Rencananya kita akan buat pohon knalpot di depan Malpolrestabes Palembang,”katanya Senin,(7/12/2020)

Diakuinya razia sendiri atas dasar permintaan warga Kota Palembang. Warga mengeluhkan kepadanya melalui laporan WhatsApp (WA) isinya pada malam Minggu balapan liar menggunakan modifikasi knalpot bersuara bising atau lebih dikenal knalpot racing marak terjadi.

“Atas WA dari masyarakat banyaknya balap liar dan kebut-kebutan di Jalan Jendral Sudirman. Sudah kita tindak selama empat kali di malam Minggu,”ujarnya

Pada malam Minggu kemarin Sabtu,(5/12/2020) pihaknya kembali menggelar razia di Jalan Jendral Sudirman Kota Palembang sekitar pukul 00.00 WIB.

“Semalam kita amankan 30 motor, sangsinya hanya kita berikan imbauan untuk mengganti dengan knalpot standar. Motor yang belum mengganti kita akan bawa ke Sat Lantas Polrestabes,”tegasnya.

Ia juga mengimbau agar pengendara tidak menggunakan knalpot racing karena mengganggu masyarakat Palembang. Selain itu pihaknya juga memberikan imbauan untuk tidak melakukan kerumunan dan penggunaan masker di masa pandemi.

“Intensitas razia balapan liar ini juga mampu menurunkan 3C angka kejahatan jalanan pada malam hari di Palembang curat curas dan curanmor,”pungkasnya