Detak-Palembang.com PALEMBANG – Setelah menggelar berbagai macam kegiatan Pertandingan maupun Perlombaan, menginjak hari ketiga perhelatan Lomba Olahraga Militer (Oramil), Rabu (19/9/2018), Kodam II/Swj kembali menggelar salah satu materi Lomba Oramil yakni Materi Lintas Medan (Limed) atau yang lebih dikenal dengan Cross Country (CC) di area  Markas Yonif Raider 200/BN Komplek, Gandus – Palembang.

Kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut dan memperingati HUT Ke-73 TNI ini diikuti 9 Tim yang berasal dari SatuanTempur (Satpur) dan Satuan BantuanTempur (Satbanpur) jajaran Kodam II/Swj. Tiap-tiap Tim berjumlah 20 orang yang terdiri dari 1 Danton (Perwira Pertama), 1 Baton dan 3 Danru (Bintara) dan 16 orang anggota (Tamtama).

Hasil lomba ini sangat menentukan harga diri satuan dan kebanggaan Korps. Jarak 6 kilometer dengan medan bervariasi harus dilewati secepat mungkin, demikianlah tekad mereka. Untuk itulah, kesembilan tim dari satuan jajaran Kodam II/Swj ini berusaha meraih nilai tertinggi dan menjadi yang terbaik.

Mengawali lomba, 9 tim terlebih dulu diperiksa kesehatannya oleh tim Kesehatan Lapangan (Keslap), dilanjutkan dengan merapikan perlengkapan perorangan. Sementara itu, penyelenggara melakukan briefing official tentang route yang digunakan.

Kajasdam II/Swj Kolonel Inf M. Arif Suryandaru, sesaat sebelum memberangkatkan peserta menyampaikan agar seluruh prajurit yang terlibat dalam lomba, selalu menjaga keamanan dan keselamatan.

Dengan disaksikan para Danyon Satuan peserta lomba, Kolonel Inf M. Arif Suryandaru pada pukul. 06.10 WIB melepas tim pertama dari Yonif 144/JY meninggalkan garis Start di Mayonif Raider 200/BN. Tak lama berselang giliran Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han) saat meninjau kegiatan tersebut turut melepas Tim berikutnya dari Yon Zipur 2/SG, seterusnya sampai dengan Tim terakhir.

Route yang dilewati merupakan area terbuka yang terdiri jalan raya, sungai, perbukitan, hutan, persawahan, jalan tanjakan dan turunan, jalan setapak serta perkampungan.

Walaupun medan yang dilalui cukup sulit dan melelahkan, namun para peserta lomba lintas medan tampak bersemangat dan pantang menyerah untuk berusaha menjadi yang tercepat dan terkompak agar dapat memenangkan lomba cross country HUT Ke-73 TNI 2018 ini. Hanya satu tekad dalam hati mereka, menjadi yang tercepat sampai di garis finish dan menjadi “Juara”.

Setelah seluruh tim memasuki finish dan dihitung waktu oleh panitia lomba Limed/CC, diurutan waktu tercepat diraih Yonif (R) 142/KJ dengan menorehkan cacatan waktu (35 ; 30 ; 65), disusul pada posisi kedua Yonif Raider 200/BN dengan waktu (36 ; 48 ; 71) dan ditempat ketiga dari Yonif 141/AYJP dengan torehan waktu (40 ; 01 ; 98). Selanjutnya diposisi keempat diraih oleh Yon Zipur 2/SG dengan waktu (41 ; 23 ; 74) dan Yon Armed 15/105 Chailendra diurutan kelima dengan catatan waktu (41 ; 38 ; 74).

Sementara itu, Yonif 144/JY hanya mampu menorehkan catatan waktu (43 ; 49 ; 21), disusul dari Yon Arhanudri 41/BS dengan waktu (44 ; 16 ; 78). Sedangkan Yonif 143/TWEJ mencatat waktu hanya (48 ; 56 ; 10) dan diurutan terakhir dari Yonkav 5/DPC dengan waktu (26 ; 21 ; 37).

Pada kesempatan tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han), mengucapkan terimakasih kepada panitia dan seluruh peserta lomba, karena sejak awal dimulai sampai berakhirnya lomba, semuanya berjalan lancar dan aman, khususnya pada saat lomba Lintas Medan/CC yang baru usai, tidak ada kendala sedikitpun di lapangan.