Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., memimpin  langsung rapat kesiapan Tim Ton Tangkas Periode 2018, Selasa (10/4) bertempat di Aula Gedung AH. Nasution Makodam II/Swj, Palembang.

Hadir dalam rapat tersebut Kasdam II/Swj Brigjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H., Irdam II/Swj Kolonel Czi Rido Hermawn, para Danrem, para Asisten dan Kabakdam II/Swj, para Danyon, Pasi Ops, dan Pasi Pers dari Satuan Tempur (Satpur) dan Satbanpur jajaran Kodam II/Swj.

Rapat ini dilaksanakan sebagai awal dari penyiapan Tim Ton Tangkas Kodam II/Swj dalam menghadapi perlombaan Ton Tangkas TNI AD 2018, sekaligus mengecek kesiapan satuan sehingga kedepan dapat ditentukan pola pembinaan yang akan diterapkan.

Dalam rapat tersebut membahas tentang strategi pelaksanaan latihan yang akan dilakukan oleh Tim Ton Tangkas Kodam II/Swj yang diwakili oleh Tim Ton Tangkas dari Batalyon Infanteri (Yonif) 142/KJ Raider. Ditunjuknya Yonif 142/KJ Raider sebagai Duta dari Kodam II/Swj ini berdasarkan hasil penunjukan secara acak yang dilaksanakan pada tanggal 6 April 2018 lalu, di Mabesad, Jakarta.

Tim Ton Tangkas Yonif 142/KJ Raider ini akan melaksanakan pemusatan latihan di Markas Yonif Raider 200/BN, Gandus pada tanggal 9 s.d 17 April 2018. Kegiatan latihan yang akan dilakukan oleh Tim Ton Tangkas Kodam II/Swj ini melalui beberapa tahapan latihan antara lain, latihan penguatan, seperti Rikkes, Garjas, Limed, Renmil, menembak dan Navrat (Ilmu Medan).

Pada tanggal 17 April 2018, Tim Ton Tangkas akan berangkat dari Palembang menuju ke Cimahi. Selanjutnya akan melaksanakan latihan terpusat di Cimahi dan Cipatat Komlek pada tanggal 20 s.d 27 April 2018, untuk penyesuaian iklim sekaligus Uji Coba di lapangan.

Ton Tangkas Kodam II/Swj yang diwakili Yonif 142/KJ Raider ini, akan mengikuti lomba peleton tangkas TNI AD, yang akan dilaksanakan tanggal 30 April s.d 3 Mei 2018 mendatang di Pusdikif Kodiklat TNI AD, Cipatat Komlek, Jawa Barat.

Mereka akan berlomba ketangkasan dengan 15 Tim Ton Tangkas lainnya dari seluruh Kotama jajaran TNI AD di seluruh Indonesia yang juga ditunjuk secara acak dan langsung oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., menekankan supaya penyiapan Ton Tangkas periode 2018 harus maksimal, agar dapat membawa nama baik satuan ditingkat TNI AD. “Karena ini merupakan kegiatan perlombaan skala besar yang melibatkan banyak satuan maka, dibutuhkan kerja keras dan latihan yang maksimal serta terukur agar mencapai hasil yang optimal”, tegasnya.

Dalam rapat tersebut, juga membahas tentang kesiapan jelang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kartika Cup 2018 memperebutkan Piala Kasad yang akan digelar selama 3 hari, mulai tanggal 4 s.d 6 Mei 2018.

Rencananya Kejurnas Judo Kartika Cup 2018 ini akan dibuka langsung oleh Kasad yang juga sekaligus sebagai Ketua PB PJSI, Jenderal TNI Mulyono, di GOR Jakabaring ISC Palembang, pada tanggal 4 Mei 2018 mendatang.