Detak-Palembang.com PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin didampingi istrinya Hj. Eliza Alex beserta anak dan menantunya mengunakan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Provinsi Sumsel, Rabu (27/06). 

Sekitar pukul 09.30 WIB, Gubernur Sumsel Alex Noerdin beserta keluarga tiba di TPS 03 Talang Semut, Palembang. Gubernur nampak mengenakan pakaian muslim putih, kehadirannya disambut hangat petugas TPS dan sejumlah warga yang telah mencoblos lebih dahulu. Gubernur Sumsel Alex Noerdin mendapat nomor urut 121, sedangkan Hj. Eliza Alex berada di urutan 122 dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 03 Talang Semut.

Diwawancarai usai mencoblos Alex Noerdin meyakini pilkada serentak di Provinsi Sumsel berjalan dengan aman dan damai. “Insya Allah mudahan-mudahan berjalan dengan aman, pilkada berjalan dengan baik, pilih sesuai hati nurani dan akal sehat,” ujarnya.

“Insa Allah Sumatera Selatan bersama 5 Kabupaten 4 Kota lainnya akan mendapatkan pemimpin baru yang amanah dan bisa meneruskan perjuangan membangun Sumatera Selatan,” lanjut Alex.

Alex Noerdin menilai, semua pasangan calon sudah membuat kesepakatan untuk pilkada damai, siap untuk menang dan siap mengakui kemenangan calon yang lain. Menurutnya, jika kesepakatan itu benar-benar di patuhi diyakini tidak akan ada kerusuhan keributan setelah pemilihan.

“Pemimpin yang baru mereka semua sudah membuat kesepakatan pilkada damai, siap untuk menang dan siap untuk mengakui kemenangan calon yang lain. Mudah-mudahan kita jadikan pilkada ini berjalan damai, lancar dan bisa jadi contoh dari daerah lain,” terang Alex.

Gubernur Alex Noerdin berpesan, siapapun yang menang dalam pilkada diharapkan tetap dapat menjalin komunikasi yang baik antar pasangan calon. “Siapapun yang terpilih nanti, saya masih tetap menjadi Gubernur sampai November nanti, jadi Gubernur yang terpilih kita dapat berdiskusi, bisa kita ngobrol bersama menceritakan tentang Sumatera Selatan,” harapnya.

Usai mencoblos, Gubernur Sumsel Alex Noerdin langsung berkeliling Kota Palembang meninjau sejumlah PTS, mulai dari TPS 017 Plaju Ulu, TPS 18 RT. 14 dan RT. 19 Plaju Silibranti, kemudian TPS 012 RT 019 dan RT. 020 RW. 005 Kelurahan 7 Ulu, TPS 011 RT. 017 dan RT. 018 RW. 005 Kelurahan 7 Ulu, TPS 18 Kelurahan Kemas Rindo Kertapatih, dan TPS 018 Kelurahan Alang-Alang Lebar.

Semua petugas dan masyarakat yang ada di TPS nampak antusias menyambut kedatangan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Selain berjabat tangan, siliberganti masyarakat berfoto selfi dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

“Nanti saya minta Walikota untuk melakukan penilaian TPS mana saja yang bagus dan kreatif, nanti petugasnya kita berikan hadiah,” ujar Alex.