Detak-Palembang.com PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru menyempatkan diri datang ke acara wisuda Universitas Tamansiswa, di OPI Convention Center, Jakabaring, Kamis (18/10). Di sela sambutan, HD berencana membuat Perda khusus agar tenaga kerja lokal terserap oleh investor.

HD mengungkapkan sangat gembira bisa hadir di tengah kebahagiaan para wisudawan/wisudawati dan orang tua yang hadir.

“Saya sejak kemarin dapat jadwal dari protokol banyak yg mengundang di acara wisuda dan berkaitan dengan pendidikan, dan saya prioritaskan untuk hadir walaupun dengan jadwal yang sangat padat,” ujarnya.

Terkait banyaknya lulusan sarjana di Sumsel, Gubernur Herman Deru memberikan angin segar.

“Nanti saya akan buat Perda menyangkut Investor yang masuk ke Sumsel. Mereka harus menggunakan tenaga kerja lokal, baik itu investor asing maupun investor tanah air. Kita harus berdayakan tenaga kerja asli sumsel (lokal) karena disumsel banyak SDM yang berkualitas tapi belum terpakai” ujarnya.

Lebih jauh, HD dengan nada optimis menyatakan Sumsel harus kembali menjadi lumbung pangan nasional dan tak lupa pula berpesan kepada  wisudawan agar dapat menularkan ilmunya kepada masyarakat sekitar.

Sementara itu, Rektor Universitas Tamansiswa Dr. Joko Siswanto mengaku sangat bangga dan terharu atas kedatangan Gubernur Herman Deru.

“Selama 30 tahun Universitas Tamansiswa berdiri di Palembang, baru kali ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan. Saya juga mewakili civitas akademika mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas kedatangan pak Herman Deru, dan semoga selama masa jabatan sebagai Gubernur berjalan lancar serta semakin peduli terhadap dunia pendidikan di Sumsel” tegasnya.

Masih dalam sambutannya, Joko mengaku pihaknya membuka diri dan menawarkan kepada Gubernur Sumsel bahwa jangan segan-segan untuk meminta SDM untuk melancarkan kegiatan pemerintahan.

Seperti diketahui wisuda Universitas Tamansiswa  kemarin emruoakan Wisuda Sarjana ke-27 dan Program Pascasarjana ke-07. Hadir pula dalam kesempatan tersebut mantan Gubernur Sumatera Selatan periode 2003-2008 Bpk Ir.H. Syahrial Oesman, M.M.