Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ujian Nasional (UN) SMK serentak diselenggarakan pada 3-6 April, persiapannya sudah mencapai 99 persen, baik ujian tertulis maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Persiapannya tinggal menunggu pengiriman soal ujian ke kabupaten/kota, sementara untuk UNBK persiapannya mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik telah disiapkan genset di setiap sekolah, hal itu disampaikan Widodo Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan (Sumsel), di Griya Agung, Rabu (29/03).

“Kita telah melakukan kerjasama dengan  PLN untuk menjamin tidak terjadi pemadaman listrik ditempat pelaksanaan UNBK,” jelasnya.

Dikatakan Widodo, besok (Kamis, 30/03) soal untuk ujian tertulis akan dikirim ke kabupaten/kota, namun untuk tahun ini ada yang berbeda jika biasanya soal akan dikirimkan ke Disdik kabupaten kota maka kali ini diserahkan ke musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS).

“Besok kita berangkatkan soal ujian tertulis, jadi kalau soalnya tiba di kabupaten kota berarti persiapan kita sudah 100 persen,” katanya.

Kepada sekolah yang belum siap melaksanakan UNBK dirinya menghimbau untuk tidak memaksakan diri agar tidak timbul pemaksaan.

“Jangan memaksakan diri untuk melaksanakan UNBK kalau belum siap, tapi kalau orang tua mampu mengikutkan anaknya UNBK itu tidak masalah,” himbaunya.

Ditambahkannya, terkait isu adanya pungutan liar terhadap orang tua siswa untuk pengadaan fasilitas pelaksanaan UNBK, dirinya menegaskan hal itu tidak benar.