Detak-Palembang.com – LUBUKLINGGAU-Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) atau Agricultural Extentionist Asosiation (IAEA) Kota Lubuklinggau oleh Ketua DPW Perhiptani Sumsel, Listoyo di Auditorium Sinema Lt.5 Gedung Pemkot Lubuklinggau, Kamis (23/9).

H Sulaiman Kohar Wakil Walikota Lubuklinggau mengucapkan terima kasih kepada Pemkot khususnya Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe atas support dan kepercayaan sehingga diselenggarakan pengukuhan tersebut.

Saat ini Kota Lubuklinggau sudah memiliki empat Balai Penyuluhan Pertanian yakni BPP Kelurahan Rahma, Taba Pingin, Petanang, Kayu Ara yang siap bekerja secara maksimal.

Para petani paling dekat dengan para penyuluh pertanian. Semoga apa yang menjadi masalah petani dapat terselesaikan.

Dengan adanya penyuluh sendiri dapat mendampingi petani agar menjadi petani yang berkualitas dan sejahtera. Mohon doa agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tulus dan ikhlas,”ucap Wawako.

Listoyo menjelaskan Perhiptani ini siap mendukung para Petani, Dinas Pertanian dan juga Pemerintah Kota Lubuklinggau secara umum dengan berbagai program-program unggulan 2023.

Program 2023 unggulan tidak menggunakan APBD/APBN, Perhiptani akan bekerja dengan pihak swasta dengan kontrak sudah ditanda tangani 1000 ton produksi jagung.

” Diharapkan nantinya kerja sama tersebut dapat menguntungkan para petani dan meningkatkan kesejahteraan para petani,” jelasnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Kahlan Bahar menerangkan, menerangkan Lubuklinggau memiliki kelompok tani yang tersebar di seluruh kelurahan termasuk 4 balai penyuluhan pertanian, ada juga 49 orang pendamping penyuluh, 31 orang dari pendamping provinsi serta 5 orang Pekerja Harian Lepas (PHL).

“Saat ini sektor pertanian masih merupakan salah satu tulang punggung sumber pendapatan pemerintah. Maka dari itu, para penyuluh ini diharapkan menjadi pelopor petani berkualitas, produksi yang maksimal dan mensejahterakan para petani nantinya,” terangnya. (Zul)