Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kantor Imigrasi kelas 1 Palembang mengamankan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok, China. LL (37) ditangkap saat berada di eks Rumah Makan Cambai Indah Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, Sabtu (11/3) malam.

Lelaki yang tidak bisa berbahasa Inggris maupun berbahasa Indonesia ini masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional Jakarta, kemudian ke Palembang, selanjutnya menuju Prabumulih melalui jalan darat.

LL diamankan oleh pihak Imigrasi karena Visa yang dimilikinya hanya Visa kunjungan bisnis.

Kasub Seksi Pengawasan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 Palembang, Widyo Sandhi Suprapto mengatakan seharusnya Visa Kunjungan bisnis yang dipegang oleh LL ada penjamin dari pihak perusahaan tetap dimana dia berkunjung akan tetapi setelah diperiksa sampai hari ini tidak ada penjamin.

Sementara berdasarkan pengakuan dari LL dirinya datang ke Prabumulih hanya untuk berkunjung kerumah temannya.

“Kami masih mencari tahu pihak perusahaan yang mendatangkan LL kesini, memang LL masuk ke Indonesia melalui jalur yang legal akan tetapi Visa yang digunakannya merupakan Visa kunjungan bisnis yang masa kunjungan nya hanya 30 sampai 60 puluh hari tetapi bisa diperpanjang tergantung dari pihak kedutaan negara yang bersangkutan,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, LL akan dikenakan pasal 75 UU No 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian berupa dideportasi kenegara asalnya, dia juga mengatakan ditahun 2017 sampai dengan pertengahan Maret ini kantor imigrasi kelas 1 Palembang sedikitnya telah mengamankan sebelas orang warga negara asing, tujuh diantaranya berasal dari negara Tiongkok, China.