Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Setelah berkembangnya wisata Religi, Wisata Kuliner dan Wisata Sejarah, Kota Palembang akan mengembangkan destinasi wisata Sungai Musi, hal itu disampaikan Walikota Palembang Harnojoyo dalam paparannya saat Dialog Publik Pembangunan Manusia Peningkatan Produktivitas Masyarakat Berbasis Pariwisata Lokal di Aula Unsri, Rabu (06/02).

Harnojoyo juga mengatakan, Kota Palembang sudah memiliki sarana dan prasarana untuk mengembangkan pariwisata. Kota Palembang memiliki jalan dan jembatan serta flyover ditambah memiliki angkutan massal LRT sehingga sudah lengkap infrastruktur sebagai penunjang pengembangan pariwisata.

“Mengapa kita memilih pada destinasi Sungai Musi ?, karena kita harus mengetahui jati diri kita dalam mengembangkan destinasi wisata. Palembang dahulu sangat dikenal dengan kerajaan Sriwijaya yang menguasai wilayah yang sangat luas hingga ke Afrika Selatan, dan pada saat itu belum ada pesawat terbang ataupun jalan darat maka transportasi yang utama adalah Sungai Musi, maka oleh karena itu pengembangan pariwisata difokuskan pada sungai,” ungkap Harnojoyo.

Lanjutnya, karena memilih zona pengembangan wisata sungai maka Sungai Musi dan anak-anaknya harus layak untuk dikunjungi. Sungai harus bersih, oleh karena itu dirinya mempunyai program mengubah karakter masyarakat agar tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah.

“Maka kami membuat program gotong royong untuk membersihkan sampah dari sungai sungai yang ada di kota palembang, serta Sholat Subuh berjamaah agar karakter kebersihan pada masyarakat dapat tumbuh. Pada akhirnya fokus kedepan menjadikan sungai sungai menjadi destinasi wisata. Sebagai awal adalah sungai sekanak,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sampah merupakan sumber bencana dan sumber penyakit, oleh karenanya secara bersama-sama seluruh elemen bergotong-royong untuk membersihkannya.