KAMTIBMAS

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Walikota Palembang menghimbau kepada seluruh aparat keamanan baik itu aparat Kepolisian, Kodim dan Lanud se-kota Palembang agar dapat ikut serta dalam membantu mengamankan situasi jalannya ibadah di bulan suci Ramadhan. Demi terciptanya suasana kondusif, aman dan damai.

Himbauan ini disampaikan Walikota Palembang Harnojoyo dalam rapat koordinasi  keamanan dan ketertiban (Rakor Kamtibmas), Rabu (1/6) bertempat di ruang Parameswara kantor walikota Palembang dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H dan hari raya Idul Fitri 1437 H.

Rakor Kamtibmas dihadiri Walikota beserta segenap jajaran aparat keamanan sekota Palembang, serta camat dan lurah se-kota Palembang

“Untuk keseluruhan yang terkait dalam sistim keamanan yang telah dihimbau agar dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal supaya terciptanya suasana ibadah yang aman dan khusuk,” jelas Harnojoyo.

Himbau yang sama juga disampaikan Walikota Palembang  kepada seluruh camat dan lurah agar dapat menghimbau warganya untuk  tidak melakukan tidakan–tidakan yang dapat merusak nilai-nilai yang terkandung di dalam bulan suci Ramadhan. Aparat kecamatan juga diminta memantau tempat tempat hiburan malam di wilayahnya.

“Terkait dengan tempat–tempat hiburan malam agar dapat mematuhi himbauan yang telah ditetapkan oleh pemerintah kota Palembang, pemerintah akan memberikan sangsi tegas dan apabila terdapat tempat hiburan malam selama satu bulan mendatang agar menutup sementara usahanya demi menghormati umat Islam yang sedang menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan,” ujar Walikota.

Ditempat yang sama Novran, camat SU I ketika dimintai tanggapan, dirinya menjelaskan, dalam rangka menjaga bulan suci Ramadhan pihaknya  akan melakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat. Karena dalam bulan Ramadhan akan banyak tumbuh kegiatan ekonomi seperti pasar beduk atau jajanan buka puasa.

Pihak kecamatan lanjut Novran, berkoordinasi dengan lurah dan dinas kesehatan akan mengecek dan sidak ke pasar-pasar untuk memastikan makanan yang dijual layak konsumsi.

“Kita akan cek ke lapangan, ke pasar-pasar bedug demi memastikan barang makanan yang jual pada saat bulan suci Ramadhan aman sehat dan layak konsumsi,” jelas Novran.