Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tugu Belido akhirnya resmi di launching. Destinasi wisata baru di kota Palembang ini di launching oleh Walikota Palembang H. Harnojoyo bersama Direktur Utama PT Bukit Asam Arviyan Arifin, Minggu (11/02).

Dimulai sejak November 2016 lalu, Tugu Belido selesai dibangun pada September 2017. Pembangunan Tugu Belido ini menggunakan dana CSR PT Bukit Asam.

Tugu Belido Bukit Asam ini memiliki tinggi 9 meter, dengan panjang patung ikan mencapai 12 meter dan tinggi 6 meter.

Tugu ikan yang terbuat dari tembaga dengan tebal 1,2 mm dan dilapisi perak ini memiliki berat mencapai 3 ton.

Menghadap ke Sungai Musi, Tugu Belido Bukit Asam dapat mengeluarkan air mancur melalui mulutnya.

“Satu lagi destinasi wisata kota Palembang, tugu belido kebanggaan kita akan menjadi ikon wisata baru, kalau di singapura ada merlion park di Palembang ada tugu belido,” ungkap Walikota Palembang Harnojoyo.

Harnojoyo mengucapkan terimakasih kepada PT Bukit Asam yang telah membangun tugu belido menggunakan dana CSRnya.

“Terimakasih PT BA, semakin banyak tempat wisata, semakin membawa keuntungan bagi masyarakat Palembang, karena Palembang hidup dari tamu-tamu yang datang kesini,” ujar Harnojoyo.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bukit Asam, Arviyan Arifin mengatakan, Pembangunan Tugu Belido Bukit Asam ini bertujuan untuk meningkatkan objek wisata Palembang yang sejalan dengan Program Pembangunan Development Musi Riverside Tourism.

“lkan Belido sendin’ dipilih untuk dijadikan tugu karena ikan ini mempakan fauna asli khas Palembang yang hidup di Sungai Musi dan hampir punah keberadaannya.

Sementara itu, pemilihan Benteng Kuto Besak sebagai tempat dibangunnya Tugu Belido ini karena Benteng Kuto Besak merupakan salah satu pusat keramaian yang diminati oleh wisatawan.

Usai peresmian tugu belido dilakukan juga penebaran 1000 benih ikan belido di sungai musi.