Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tercapainya penerimaan pajak tidak terlepas dari kepatuhan Wajib Pajak (WP) melaksanakan kewajibannya. Tingkat kepatuhan WP di Kanyor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Kanwil DJP Sumsel-Babel) sangat baik, hal itu disampaikan M Ismiriansyah M Zain saat jumpa wartawan di Kanwil DJP Sumsel-Babel, Selasa (02/01).

Disampaikannya, tingkat Kepatuhan sampai dengan akhir tahun 2017 tercatat sebesar 119,96 % dari rasio target kepatuhan yang ditetapkan sebesar 72,5%. Pencapaian tersebut menurutnya melebihi target dari rasio yang ditetapkan.

“Pencapaian ini terutama ditunjang oleh WP Orang Pribadi Karyawan yang telah menggunakan efiling dalam pelaporan SPT Tahunannya. Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel berharap peningkatan kepatuhan juga terjadi untuk Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan (Usahawan) dan Wajib Pajak Badan,” harapnya.

Ia juga menghimbau WP yang sudah tidak aktif untuk meminta penonefektifan (NE) ke Kantor Pelayanan Pajak (KKP) tempat WP terdaftar.

“NE untuk menghindarkan WP terkena denda akibat tidak menyampaikan SPT tahunan. Untuk WP pribadi yang meninggal dunia atau WP Badan yang tidak melakukan usaha lagi untuk membuat akta pembubaran dan oenghapusan NPWP dengan diteliti dulu pelunasan hutangnya,” himbaunya.

Kakanwil DJP Sumsel-Babel menyampaikan, penambahan WP Baru Terdaftar Tahun 2017 pada Kanwil DJP Sumsel- Babel adalah 98.146 WP yang terdiri dari WP Badan 4880 WP, WP Orang Pribadi berstatus Karyawan 69.612 WP, WP Orang Pribadi berstatus Non Karyawan 23.109 WP dan Bendahara 545 WP.

“Kantor Pelayanan Pajak Pratama yang memberikan kontribusi terbesar pada penambahan WP Baru Terdaftar adalah KPP Pratama Sekayu sebesar 12.872 WP, kemudian KPP Pratama Lahat sebesar 12.262 WP dan KPP Pratama Palembang Ilir Barat 10.742 WP,” ungkapnya.

Orang Pribadi maupun Badan Usaha yang sudah memenuhi syarat Objektif dan Subjektif dimintanya agar mendaftarkan diri untuk memiliki NPWP secara sukarela, untuk menghindari dilakukan penetapan NPWP secara Jabatan.

“Penerimaan Pajak dari Jenis Pajak PBB pada Kanwil DJP Sumsel dan Kep Babel adalah Rp 1.4 Triliun atau 116.32% dari target penerimaan Tahun 2017 yaitu Rp 1.240,86 Miliar. Kontribusi per sektor dari Jenis Penerimaan PBB tersebut adalah PBB sektor Pertambangan Migas dengan kontribusi sebesar 69.68 % kemudian PBB sektor Pertambangan Minerba 14.84 %, PBB sektor Perkebunan 11.91 % dan PBB sektor Perhutanan, Panas Bumi dan Lainnya sebesar 3.57%,” tutupnya.