Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kerja keras Pemerintah Kota Palembang dan jajarannya dalam dalam menjaga kebersihan, penanggulangan sampah dan gotong royong menuai pujian Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki.

Hal ini disampaikan Ishak Mekki dalam pidatonya dalam pembukaan  Rapat Kerja Nasional  (Rokornas) Pengelolaan Sampah, di Hotel Arya Duta Palembang, Rabu (15/03).

Politisi Demokrat ini juga mengapresiasi penyelenggaraan Rakornas pengelolaan sampah di kota Palembang dan kinerja walikota Palembang dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan gotong royong.

“Saya bangga dengan Walikota Palembang yang kembali menghidupkan semangat gotong royong dalam membersihkan sampah dan menjadikan Palembang kota yang cantik, bersih dan nyaman, apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games ini merupakan bentuk dukungan yang sangat luar biasa kepada pemerintah provinsi Sumsel,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Palembang, Harnojoyo menyampaikan pengelolaan sampah di Palembang dilakukan mulai dari hilir hingga ke hulu. Mulai dari membangun manusia agar tidak membuang sampah dan menjaga lingkungan, hingga pengelolaan sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis, menjadi bahan bakar listrik atau kompos.

“Dengan Gotong Royong kita mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai atau yang bisa merusak lingkungan. Terutama sampah plastik yang tidak bisa diuraikan,” ujarnya.

Ketua Demokrat Kota Palembang inibjuga menambahkan agar sampah rumah tangga dipisahkan berdasarkan kelompoknya. Seperti sampah organik unorganik dan limbah dengan bahan berbahaya dan beracun.

“Di hilir kita lakukan dengan dengan pengelolaan den pemisahan. Sampah yang bisa didaur ulang dipisahkan. Sampah plastik juga bisa diolah menjadi produk yang bernilai ekonomis seperti tas, hiasan, atau kerajinan lain. Sementara sampah organik bisa menghasilkan pupuk atau gas untuk bahan bakar turbin atau genset yang menghasilkan listrik,” imbunya.

Selain itu Kota Palembang juga berencana menggunakan Insenerator penghasil listrik yang menggunakan sampah sebagai bahan bakar .