Detak-Palembang.com SEKAYU – Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin H Rusli SP MM mengusulkan kepada PT. Sawit Mas Sejahtera membentuk dan mengembangkan ekonomi kreatif yang ditujukan untuk masyarakat Kecamatan Sungai Keruh.

Hal tersebut disampaikan Asisten I saat memimpin rapat lanjutan bersama warga Desa Sungai Dua, Sukalali, dan Desa Setia Jaya yang mengklaim sebagian lahan yang dikelola oleh PT. SMS, dan belum mendapat ganti rugi, di Ruang Rapat Randik Pemkab Muba, Senin (2/10).

Atas usulan itu, pihak perusahaan serta masyarakat sepakat, dan akan ditindaklajuti melalui rapat di Dinas Perkebunan Muba pada tanggal 16 Oktober 2017 mendatang.

“Secara teknis silahkan dibahas di Dinas Perkebunan. Kepada masyarakat Sungai Keruh, khususnya warga yang mengklaim lahannya belum diganti rugi PT Sawit Mas Sejahtera silahkan nanti buat proposal sesuai keingian sebagai bentuk ekonomi kreatif ini, peternakan ataupun perkebunan,” ujarnya.

Kepada pihak perusahaan lanjut Rusli harus bisa menerima keinginan masyarakat terkait ekonomi kreatif. Selain itu utamakan warga yang mengalami masalah lahan.

Camat Sungai Sungai Keruh Yusfarizal SSTP MSi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kesepakatan tersebut. Dan meminta kepada perusahaan agar secepatnya direalisasi.

“Kami bersyukur masyarakat bisa menerima. Kami berharap supaya kesepakatan kita bersama ini secepatnya ditindaklanjuti,” ucapnya

Sementara itu dari PT. SMS Rusdan Zaini Lubis menyetujui membentuk ekonomi kreatif, dimana ekonomi kreatif terhadap masyarakat sekitar perusahaan sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku.

“Kami siap untuk mengembangkan ekonomi kreatif, karena merupakan kewajiban yang belum kami penuhi selama ini,” tuturnya.

A Latief warga Desa Sungai Dua Kecamatan yang pada kesempatan tersebut mewakili masyarakat mengatakan tertarikan pada ekonomi kreatif yang akan dikembangkan  PT. SMS.

“Kalau untuk sampai ke ranah hukum tidak perlu, kami lebih tertarik pada ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Turut hadir dalam rapat ini diantaranya, Heriyanto dari Badan Pertanahan Nasional Muba, Disbun Muba dan dari Kodim 0401 Muba.