Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sebagai upaya menjaga kota Palembang tetap bersih dari sampah, utamanya saat malam akhir pekan di pedestrian Sudirman, Pemerintah Kota Palembang melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) melakukan kampanye keebrsihan di pedestrian Sudirman. 

Kampanye kebersihan ini dilaksanakan setiap malam akhir pekan, dimana lokasi pedestrian Sudirman selalu ramai oleh masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung, dan kerap kali meningalkan sampah.

“Sesuai perintah pak Walikota, Kami ingin mengajak masyarakat yang berkunjung di pedestrian Sudirman, untuk sadar akan kebersihan, kampanye kebersihan yang kami lakukan dengan menghimbau pedagang dan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujar Alex Ferdinandus, Kasat Pol PP Kota Palembang, Minggu (5/11).

Dilanjutkan Alex, selain menghimbau untuk membuang sampah pada tempatnya pihaknya juga membagikan kantong plastik kepada pedagang dan pengunjung pedestrian Sudirman.

“Kami sudah menyiapkan 5000 kantong untuk dibagikan kepada pedagang dan pengunjung setiap malam akhir pekan, ada sekitar 150 personil yang kami gerakkan untuk gerakan kampanye ini, kedepan bukan hanya di pedestrian Sudirman, namun di semua titik wisata, seperti BKB dan lainnya,” terang Alex.

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, kampanye kebersihan yang dilakukan Sat Pol PP sabagai salah satu upaya gerakan moral bagi masyarakat.

“Selama ini jika malam akhir pekan para pengunjung pedestrian kerap kali meninggalkan sampah yang tidak sedikit, sangat merusak pandangan, dengan kampanye ini diharapkan masyarakat sadar aan kebersihan, apalagi menjelang asian games 2018, satu sampah pun jangan sampai mengotori jalan-jalan utama di Palembang,” ungkap Harnojoyo.