Detak-Palembang.com PALEMBANG – Uji coba sistem arus lalu lintas satu arah “One Way Traffic” yang diterapkan hari ini, Rabu (8/11) untum mengatasi kemacetan di tiga lokasi seperti Jalan Angkatan 45, dan Jalan Radial, khususnya terhadap kemacetan di kawasan simpang lima dan jalan POM IX. 



Penerapan jalur satu arah, ungkap Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Palembang, Kompol Yudha Widyatama Nugraha, merupakan langkah pihaknya bersama Dinas Perhubungan (Dishub), untuk mengatasi kemacetan di tiga lokasi tersebut.

“Ini adalah langkah kami dan pertama kali dilakukan setelah puluhan tahun. Kita optimis bisa mengatasi kemacetan,” jelasnya

Lebih lanjut disampaikan Yudha, penerapan One Way baru pertama kali diberlakukan di simpang kampus. Meski sempat terjadi kepadatan selama dua jam yang diakibatkan masa penyesuaian uji coba, setelah dilaksanakan sekarang semuanya lancar.

“Tadi pagi sempat terjadi kepadatan, sekarang bisa dilihat sendiri, empat arah terutama di persimpangan berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Yudha menerangkan, hari ini adalah uji coba pertama, dimana uji coba dilaksanakan selama tujuh hari daru tanggal 8 sampai 14 November 2017 mendatang.

“Nanti akan kita lihat hasilnya seperti apa, setelah ini akan kita ketahui apa saja yang dilakukan selanjutnya. Kalau ada yang positif kita teruskan, dan jika harus diperbaiki akan kita lakukan,” ungkapnya.

Penerapan uji arus lalu lintas hari ini, merupakan lanjutan dari kajian dan rapat bersama Dishub.

“Sebelum lakukan ini kita sudah rapat bersama termasuk dengan forum lalu lintas Kota Palembang, termasuk memanggil pihak-pihak terkait seperti instansi terkait, pengelola mall, pemilik toko dan usaha yang berada di kawasan ini,” ulasnya.

Yudha mengatakan, banyak permasalahan-permasalahan terkait lalu lintas di Kota Palembang, termasuk kondisi kemacetan yang terjadi. Namun hal itu satu persatu akan dibenahi, dan pihaknya akan terus berkoorodinasi dengan pihak pemerintah dalam hal ini Dishub Kota Palembang.

“Ada beberapa titik yang menjadi fokus kami kedepan, seperti di kawasan Ampera, baik dari arah Jakabaring maupun sebalilknya, terus ada simpang IP ke Charitas, sudah kita upayakan melaluo kanalisasi, Pasar KM 5 sampai ke Simpang Polda, dari Kebun Sayur ke simpang Patal dan Patal ke Bulog. Ini semua jadi perhatian kami,” ujarnya.