Detak-Palembang.com PALEMBANGTrakindo Utama memberikan garansi  hemat bahan bakar ke pada pelanggan. Hal ini di buktikan dengan memberikan perjanjian pemberian garansi hemat bahan bakar kepada PT Menara Cipta Mulia (MCM) yang diwakili Owner Witanto.  Perusahan yang bekerja di areal tambang timah kepulauan Belitung ini diberi jaminan untuk konsumsi bahan bakar 13 liter/jam UNTUK Hydrolic Excavator Cat 320 Next Gen. Perjanjian ini ditanda tangani pihak MCM dan PT Trakindo Utama.

“Jika diatas 13 liter perjam selama satu bulan, selisinya akan kita  kembalikan ke pelanggan,” ujar I Putu Bawa, Region Manager Southern Sumatera Trakindo

Menara Cipta Mulia merupakan  pembeli pertama 320 Next Gen dengan total pembelian  6 unit. Pembelian ini untuk melengkapi kebutuhan bisnis MCM kededepan. Sebelumnya MCM sudah merupakan customer Trakindo sebagai pemakai alat berat merk Caterpillar.

“Bahan bakar merupakan komponen biaya terbesar dalam biaya produksi. Jaminan Trakindo memberikan garansi 13 liter perjam pemakaian BBM membuat saya menjatuhkan pilihan,” ujar Witanto usai menandai tangani perjanjian garansi.

PT Trakindo Utama (Trakindo) sebagai penyedia solusi alat berat dan sole agent Caterpillar, meluncurkan hydraulic excavator generasi terbaru (Next Gen), yaitu Cat 320 GC & 320 yang dilengkapi beragam teknologi masa depan. Berteknologi Masa Depan Komitmen berkelanjutan Trakindo dalam memberikan solusi terbaik bagi pelanggan.

Inovasi Caterpillar mengembangkan teknologi excavator kelas 20ton ini menyikapi teknologi masa kini berkembang dengan pesat. Beragam inovasi pun terus dihadirkan guna memberikan kemudahan dan memenuhi kebutuhan perkembangan zaman. Perkembangan tersebut turut mendorong kemajuan di berbagai bidang, termasuk di industri alat berat. Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan dalam memberikan solusi terbaik bagi pelanggan.

I Putu Bawa, Region Manager Southern Sumatera Trakindo menjelaskan, Inovasi secara berkelanjutan adalah cerminan nilai dasar perusahaan untuk mendukung kemajuan pelanggan. Melalui teknologi terdepan yang diterapkan pada produk dan layanan, pelanggan kami dapat memperoleh peningkatan efisiensi dan produktivitas yang berimbas positif pada daya saing mereka.

“Peluncuran Cat 320 GC & 320 Next Gen adalah bagian dari komitmen Trakindo dalam memberikan solusi terbaik bagi pelanggan, yang diharapkan dapat berkontribusi pada kemajuan pertumbuhan ekonomi Indonesia.” jelas Putu Bawa, Dihadapan awak media, usai Acara lounching Hydraulic Excavator Cat® 320GC dan 320Next Generation (NC) Kamis (20/09), di Kantor Trakindo Utama Palembang.

Senada disampaikan Rozy Andrianto, General Manager Marketing Forestry, Agriculture & Construction Trakindo Utama, Hydraulic excavator kelas 20 ton merupakan salah satu alat berat yang paling diminati, karena memiliki fungsi serbaguna dan mampu melakukan pekerjaan di berbagai medan, seperti konstruksi, infrastruktur, perkebunan, kehutanan, hingga pertambangan.

“Cat 320 GC & 320 Next Gen yang diperkenalkan hari ini adalah transformasi dari hydraulic excavator kelas 20 ton andalan kami. Produk generasi terbaru ini dilengkapi dengan berbagai teknologi yang didesain untuk semakin meningkatkan produktivitas kerja, namun sekalian menekan biaya operasionalnya. Berbagai fitur baru dan terdepan dibenamkan, untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih akurat, handal, efisien, berkualitas dunia, dengan selalu mengedepankan kenyamanan operator, dan keamanan kerja.”

Pada setiap acara peluncuran Cat 320 GC & 320 Next Gen terdapat area Cat Experience Station dimana pelanggan bisa menggali lebih dalam masing-masing keunggulan yang dimiliki produk tersebut. informasi lebih lanjut mengenai kedua produk ini juga dapat dilihat pada situs www.catnextoenerationcom.

“Melalui peluncuran produk dengan teknologi terdepan ini, kami berharap dapat selalu menjadi solusi bagi pelanggan yang berjiwa inovatif, serta melakukan pengembangan berkelanjutan dalam mencapai produktivitas yang lebih tinggi,” tambah Rozy.

Selain jaminan product, PT. Trakindo Utama  memiliki fasilitas kelas dunia untuk menjamin kemudahan pelanggan setianya, jaminan after sales service (Layanan purna jual) dengan jaringan dukungan Trakindo yang memiliki lebih dari 60 lokasi siap melayani pelanggan di seluruh lndonesia.

“Pelanggan juga dapat menghubungi Trakindo Contact Center 1-500228 (1-500-CAT) yang beroperasi 24 jam dan terintegrasi dengan Services Command Center,” jelasnya.

Cat 320 GC dilengkapi dengan berbagai teknologi yang bisa memberikan manfaat terbaik di kelasnya, lebih bertenaga, makin lincah, dan hemat bahan bakar. Produk ini optimal untuk digunakan pada aplikasi ringan, konstruksi, irigasi, hingga membuka lahan jalan.

Cat 320 GC lebih bertenaga dengan kapasitas bucket standar terbesar di kelasnya, yaitu 1m3 membuatnya memiliki daya gali lebih kuat dan lincah, serta menghasilkan siklus pekerjaan (cycle time) yang lebih cepat. Teknologi yang terdapat di Cat 320 GC juga didesain untuk memiliki biaya pemeliharaan yang lebih rendah, yaitu turun hingga 15% dari pendahulunya karena Interval pemeliharaan lebih panjang, dan juga kebutuhan suku cadang dan oli lebih sedikit. Lebih jauh, produk ini didukung berbagai fitur seperti teknologi SMART Mode yang dapat membuat unit beroperasi pada revolutions per minute (RPM) mesin lebih rendah, teknologi elektro hidrolik dan pompa hidrolik yang lebih besar, hingga kipas pendingin yang dapat diatur secara elektronik.

Konsumsi bahan bakar rata-rata Cat 320 GC turun hingga 20% dari pendahulunya, yaitu menjadi 13 liter/jam, jika pada penggunaan tahun pertama pelanggan mendapati konsumsi rata-rata bahan bakar melebihi angka tersebut maka selisihnya dapat diklaim ke Trakindo dan akan diganti dalam bentuk voucher suku cadang (selama pemakaian sesuai ketentuan dan dimonitor oleh sistem Product Link“).

Cat 320 Generasi terbaru dari seri 320 ini dilengkapi dengan teknologi masa depan yang bisa memberikan performa terbaik di kelasnya, lebih , produktif, semakin akurat, namun hemat biaya operasional. Produk ini jadi optimal digunakan pada utilisasi berat yang panjang, dan terus-menerus.

Teknologi terdepan di Cat 320 mengajak pelanggan untuk dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi kerja hingga 45%. Cat Grade 2D membantu operator melakukan pekerjaan grading, serta cut and till, lebih cepat dan tepat. Cat Grade with Assist membantu pergerakan boom, stick & bucket yang otomatis menghasilkan akurasi pekerjaan dengan kerja yang minimum, operator hanya menentukan kedalaman dan memonitor kemiringannya. Cat Payload memastikan ketepatan jumlah muatan dengan memberikan informasi penimbangan langsung yang akurat selama proses kerja, sehingga membantu menghindari kelebihan/kekurangan muatan. Cat 320 memberikan garansi hemat bahan bakar pada tahun pertama dengan konsumsi rata-rata 16 liter/jam.

Memiliki kapasitas bucket standar terbesar di industrinya, yaitu 1.19 m3, Cat 320 juga dilengkapi dengan fitur keamanan terdepan; E-fence secara otomatis akan menghentikan pergerakan ekskavator berdasarkan batas yang sudah ditentukan sebelumnya, hal ini juga akan melindungi operator dari kelelahan dengan mengurangi over-swinging dan over-digging, serta dilengkapi dengan kamera belakang yang menjadi fitur standar guna memberikan visibilitas 270°, tak ketinggalan proses perawatan harian lebih mudah dan aman dilakukan oleh karena dapat diakses di ground level (100% ground level dai/y maintenance).

Untuk harga I Putu Bawa, Region Manager Southern Sumatera Trakindo Utama masih malu malu menjelaskan ke awak media. Namun dirinya memberikan bocoran harga diatas 1milyar.

“Untuk Harga diatas satu milyar, “ ujarnya.

Cat 426F2, merupakan produk yang melengkapi komitmen berkelanjutan Trakindo dalam mendukung kemajuan bisnis pelanggan, dalam kesempatan ini juga diluncurkan produk terbaru, backhoe loader Cat 426F2. Mengedepankan produktivitas melalui kenyamanan kerja operator, produk ini dilengkapi dengan ruang kabin lebih luas dan berbagai teknologi yang memudahkan. Efisiensi supply chain yang dilakukan membuat Cat 426F2 memiliki harga bersaing dengan kualitas kelas dunia.

Sistem load-sensing, closed- dalam penggunaan bahan bakar sekaligus mampu bekerja optimal dengan kapasitas loading dan digging yang tinggi. Produk ini juga didesain untuk mempermudah akses ke titik-titik perawatan. Sedangkan fitur standar differential lock mengoptimalkan traksi di berbagai medan. Tak ketinggalan, Cat 426F2 juga terkoneksi dengan teknologi Product Link yang memantau informasi penting terkait kondisi kerja alat secara jarak jauh.

PT Trakindo Utama adalah penyedia solusi alat berat Caterpillar yang berkelas dunia di lndonesia. Didirikan pada tahu 1970 oleh pencetusnya, AHK Hamami, Trakindo kemudian menjadi dealer resmi untuk Caterpillar ditahun 1971. Trakindo memiliki fasilitas berkelas internasional serta jaringan luas di lebih dari 60 lokasi di seluruh Indonesia, untuk melayani da memajukan seluruh pelanggannya dari Sabang sampai Merauke. Dukungan alat berat yang dimiliki Trakindo diperuntukkan bagi industri pertambangan, konstruksi, kehutanan dan perkebunan, kelautan, minyak dan gas bumi, serta kelistrikan.