open alex

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan Ir. Alex Noerdin menerima kunjungan ratusan masyarakat dari berbagai lapisan yang ingin bersilaturahim di momen Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, Selasa (6/7). Kegiatan halal bi halal ini rutin digelar setiap tahunnya di Griya Agung Palembang.

Alex Noerdin bersama Istri H. Eliza Alex bersedia dengan ramah menyambut setiap tamu yang hendak menyalami, bergantian mengucapkan selamat hari raya.

Tampak antusias setiap tamu pengunjung yang datang berbondong-bondong bersama keluarga agar bisa bercengkrama bersama Gubernur Sumsel dan menyalami.

Semua kalangan bercampur. Bukan hanya warga Muslim yang hadir, namun seperti dari kalangan Tionghoa, warga beragama Nasrani dan Buddha ikut memadati lobby Griya Agung. Hal ini juga, dimanfaatkan sebagai satu momen kedekatan antar umat agama untuk bersama-sama dapat merayakan hari lebaran.

Suasana akrab dan hangat kian terasa, saat tidak ada batas antara Gubernur dan masyarakat. Bahkan momen ini dimanfaatkan tamu untuk bisa mengabadikan berfoto bersama Gubernur.

Setelah menyalami tuan rumah, masyarakat disajikan beragam kuliner yang telah dihidangkan untuk bisa disantap. Mulai dari menu wajib ketupat, opor ayam, sate, rendang, tak lupa makanan tradisional seperti Pempek dan Tekwan hingga hidangan penutup tersaji lengkap.

Tradisi open house ini memang sudah rutin dilaksanakan pada momen hari kemenangan. Warga pun menyambut suka cita momen tersebut.

Di sesi wawancara dengan wartawan, Alex Noerdin mengungkapan rasa bahagia dan senangnya. Ia pun melontarkan bercandaan bahwa sampai tak terladeni dengan banyaknya tamu yang datang.

“Banyak sekali ini yang datang, ini sampe siang,” ujar Alex.

Kekompakan bersama umat, menurut Alex sangat penting dalam menjaga kerukunan antar sesama. Bila dikaitkan dengan teror-teror bom yang ada beberapa waktu lalu sebelum lebaran, ini harus diwaspadai berbagai pihak, bukan aparat keamanan saja yang menjaga, namun warga dapat berpastisipasi menciptakan suasana aman dan kondusif. Dan Momen lebaran seperti ini harus bisa dimanfaatkan untuk menjaga kedekatan umat agama.

“Saya ingin mengajak semua masyaraakat, seperti kata sambutan saya salat di masjid Agung tadi pagi, mari kita jaga keamanan dan kenyamanan, itu tidak hanya bisa diwaspadai oleh aparat keamaanan, namun seluruh masyarakat, harus jaga kesatuan. Islam itu sebenarnya teduh, akomodatif, damai, jadi saling menghormati,” tutur Alex.

Dalam rangkaian momen silahturahmi, hadir Wakil Gubernur Ishak Mekki, Sekretaris Daerah Mukti Sulaiman, Walikota Palembang H. Harnojoyo, Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda N Kiemas dan seluruh jajaran staf Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemprov Sumsel.