totenhamDetak-Palembang.com LONDON – Tottenham Hotspur memberikan kekalahan perdana untuk Manchester City musim ini dengan skor 2-0 pada Liga Utama Inggris pekan ketujuh di White Hart Lane, Minggu (2/10). 

Manchester City yang mengumpulkan 18 poin hasil enam kemenangan beruntun di liga tetap berada puncak klasemen kendati didekati Tottenham pada posisi kedua dengan nilai 17 poin yang menggeser Liverpool ke posisi ketiga dengan 16 poin.

Tottenham unggul 1-0 akibat gol bunuh diri Alexandar Kolarov yang salah mengantisipasi umpan silang Danny Rose pada menit 9. Kolarov menggerakkan kaki dan tumitnya menyentuh bola yang berbelok ke gawang sendiri.

Pemain asal Inggris, Delle Alli, menggandakan keunggulan Tottenham melalui serangan balik yang dirancang Heung Min Son pada menit 37. Alli yang tidak dikawal ketat bek City melepaskan tembakan pelan yang tidak terjangkau Claudio Bravo.

Pada awal babak kedua, Tottenham sudah memiliki dua peluang dari aksi Son dan Wanyama namun bisa dipatahkan Bravo.

Manchester City menciptakan peluang saat Fernandinho melepaskan umpan ke arah Aguero yang menyelinap ke barisan pertahanan Tottanham. Namun sepakan Aguero bisa diamankan Lloris.

Spurs mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Fernandinho terhadap Alli. Namun sepakan Eric Lamela berhasil dibaca oleh Bravo pada menit 65.

Manchester City mencoba merancang serangan dengan lebih sistematis melalui kerjasama Gundongan, Silva dan Aguero. Sayang upaya itu kembali dihentikan Lloris pada menit 80. Skor 2-0 untuk Spurs bertahan hingga laga usai, demikian Skysports.

Susunan pemain: Man City (4-1-4-1): Bravo; Zabaleta, Stones, Otamendi, Kolarov; Fernando; Navas, Fernandinho, Silva, Sterling; Aguero.

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris; Walker, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Sissoko, Wanyama; Eriksen, Alli, Lamela; Son.