Detak-Palembang.com PALEMBANG – Asisten Logistik Kasdam II/Swj, Kolonel Inf Akhmad Yani, memimpin Upacara Bendera Mingguan di Lapangan Apel Makodam II/Swj, Palembang. Senin (27/3). Dalam kesempatan tersebut Aslog Kasdam II/Sriwijaya membacakan pointer yang beberapa diantaranya menyikapi kondisi musim hujan yang curahnya cukup tinggi dan berpotensi terjadinya banjir, tanah longsor maupun timbulnya berbagai macam penyakit.

Menyikapi hal tersebut, maka seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj dihimbau secara rutin untuk mempelopori dan mengadakan kegiatan kerja bakti di lingkungannya masing masing. Kegiatan kerja bakti ini dalam rangka ikut mewujudkan aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) yaitu gerakan yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk memotivasi dan memberikan dorongan kepada masyarakat agar semakin peduli dalam membersihkan dan menyehatkan lingkungannya. Menurut Kolonel Inf Akhmad Yani, GNIB merupakan media pembinaan teritorial, dalam rangka mendukung program budaya bersih yang yang dilakukan bersama-sama masyarakat.

Melalui aksi GNIB, diharapkan mampu memotivasi dan membangkitkan kesadaran masyarakat di sekitar lingkungan satuan Kodam II/Sriwijaya tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan dan sekaligus untuk mendorong kemauan masyarakat untuk tidak hanya melakukan tindakan represif (melakukan pembersihan), tetapi juga  mengedepankan tindakan preventif untuk senantiasa menjaga, memelihara dan peduli terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Di akhir Amanat, Aslog Kasdam II/Swj juga menyampaikan masih ada prajurit TNI yang masih melakukan hal-hal di luar kepatutan yang merugikan bahkan sampai menyakiti masyarakat. Oleh karena itu Aslog Kasdam II/Swj kembali berpesan kepada seluruh anggota TNI dan PNS Kodam II/Swj agar jangan bersikap arogan dan menyakiti hati rakyat, tetapi harus selalu dekat dan hidup berdampingan dengan rakyat, kemudian berpesan jauhi narkoba, karena akan merugikan diri sendiri, keluarga dan satuan serta hukumannya dipecat dari dinas TNI AD. Usai kegiatan upacara bendera yang berlangsung dengan tertib dan khidmat, dilanjutkan dengan kegiatan latihan Defile yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, baik kelompok Pamen, Pama, Bintara, Tamtama maupun PNS Kodam II/Swj. Kegiatan defile ini bertujuan  untuk memperlihatkan kemahiran dan ketangkasan, kekuatan dan kebesaran TNI sebagai potensi nasional dan kebanggaan nasional, dan menunjukkan kesetiaan kepada bangsa dan negara serta memberikan penghormatan kepada yang berhak menerima, setelah parade.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Liaison Officer (LO) AL dan LO AU, para Staf Ahli Pangdam II/Swj dan para Dan/Kabalak di lingkungan Makodam II/Swj serta segenap prajurit dan PNS Kodam II/Swj.