Detak-Palembang.com GANTUNG BELITUNG TIMUR – Kegiatan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 yang berada di Wilayah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengembangkan budaya daerah berupa tari tradisional, Senin (17/04). Untuk melestarikan budaya masyarakat Beltim  tentang budaya tari, dalam hal ini TNI, Polri dan Masyarakat setempat mengadakan lomba tari daerah Beltim.

Perlombaan kali ini di gelar pada hari  Sabtu 14 April 2018 Jam  08.00 yang lalu di Gedung Serba Guna Desa Batu Penyu  Kab Belitung Timur. Serda ASRAN
Selaku Koordinator lomba dan dibantu oleh pelda Edi R.H dan Serka Aripianto menggelar lomba daerah.

Tujuan di laksanakan lomba tari daerah ini pertama mencari bakat serta potensi dan terampil menari dari anak -anak usia Sekolah Dasar. Yang kedua untuk enanamkan rasa percaya diri pada anak dan mencintai budaya sendiri budaya nenek moyang kita.  Selanjutnya untuk melestarikan tari daerah Belitung yang mulai ditinggalkan oleh generasi muda sekarang ini beralih dengan budaya budaya barat.

Perlombaan tari daerah tingkat Sekolah Dasar ini di ikuti 3 Sekolah Dasar yang ada di Desa batu Penyu. Diantaranya SD N 12, SDN 13 dan SD N 14.

Juara I diraih oleh SD N 14 Gantung (Nadine,Putri,Smel, Shella, Fanni) Juara dari SD N 12 Gantung (Keyza,  Reva, Nida, Devi, Sifa dan Sallsa). Juara III diraih oleh SD N 13 Gantung (Huriyah, Nailah. N, Amelia Pertiwi, Keysia Anggaini.

Ikut menyaksikan lomba tari antara lain Danramil 02 Manggar Mayor inf Trijoyo selaku koordinator umum lomba tradisional ,Pasiter Kodim 0414 /Blt :Kapt Inf Tri yuwono, Guru pendamping dari  SDN 12 Bapak Sastra, Guru Pendamping SDN.13 Bapak Suparman  dan Guru pendamping dari SDN.14 Ibu Asinah.