Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Menanamkan pendidikan bela negara sejak dini itu penting dilakukan, agar dapat menumbuh kembangkan sikap disiplin yang tinggi bagi siswa-siswi di dalam lingkungan sekolahnya.

Supaya hal itu dapat terlaksana dengan baik, Babinsa jajaran Kodim 0101/BS bekerjasama dengan pihak sekolah di wilayah secara berkesinambungan memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Seperti dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Meuraxa Kodim 0101/BS Serka Amin beserta dua orang anggota lainnya memberikan pelatihan PBB dengan materi latihan tatacara upacara bendera bagi siswa dan siswi baru di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Desa Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh, Rabu (18/07/18).

Dalam materi PBB tersebut, Serka Amin juga memberikan pemahaman tentang arti Bendera dalam sebuah negara dan tata cara penghormatan terhadap Bendera kemudian dilanjutkan latihan praktek tata cara upacara bendera mulai dari persiapan, acara pokok sampai penutupan.

Menurut Serka Amin pelatihan seperti ini sangat penting dilakukan, agar kemampuan siswa dan siswi di sekolah-sekolah bisa lebih meningkat, sehingga pada saat pelaksanaan tata upacara dapat berjalan dengan baik dan benar.

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan, supaya nantinya kemampuan siswa dan siswi di setiap sekolah bisa melaksanakan tata cara upacara bendera secara baik dan benar,” ujarnya.

Pelaksanaan pelatihan ini diikuti dengan penuh semangat oleh para siswa dan siswi MTsN Desa Punge Blang Cut sungguh luar biasa, terlihat dari antusias mereka dalam mengikuti setiap gerakan pelatihan tersebut.