Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Kodim 0107/Aceh Selatan menerima kunjungan kerja dari Tim Serab Gabah Petani (Sergab) dari Mabesad yang berlangsung di Aula Makodim Jl. T. Cut Ali Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (13/03/2019).

Kedatangan mereka disambut oleh Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan, Letkol Inf R. Sulistiya Herlambang HB, Kepala Dinas Kabupaten Aceh Selatan Yulizar, SP.M.M, Kepala Bulog Subdrive Abdya Maymora Edisaputra, para Danramil Jajaran, Pasiter Kodim dan PPL serta ketua Kelompok Tani yang ada di wilayah Aceh Selatan.

Kegiatan Sergab dari Mabesad itu adalah bentuk wujud kerja sama antara TNI Angkatan Darat dengan Kementrian Pertanian (Kementan) RI guna untuk meninjau langsung dilapangan bagaimana hasil pencapaian target penyerapan Gabah Petani oleh Bulog Subdriver Abdya yang juga mencakup wilayah Kabupaten Aceh selatan.

“Kita bersama Dinas pertanian terus berupaya mendongkrak petani agar menjual gabah ke bulog, sehingga bulog kita selalu ada stok gabah dan beras,” kata Letkol Inf R. Sulistiya Herlambang HB  kepada tim Sergab.

Sementara, Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P., M.Si. selaku ketua Tim Sergap Mabesad menyampaikan, bahwa beberapa tahun yang lalu Provinsi Aceh pernah mendapatkan juara II se Indonesia untuk penyerapan gabah.

Ia juga menyampaikan, Bulog harus menjemput bola ke petani agar stok tepenuhi selalu, sehingga tidak harus mengadakan inpor beras dari luar. Menurutnya Bulog harus  membuat program untuk tercapainya harga gabah di masyarakat untuk tercapai masyarakat dapat kesejahteraan petani.

“Kalau bulog kosong pihak bulog akan operasi pasar dan menurunkan harga beras dan ini merupakan tugas kita bersama agar kita kedepan nya tidak lagi menginport beras dari luar,” pungkas Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P., M.Si.