Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tim Satgas Darat dan 2 Helly BNPB Sumsel dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla) di empat Kecamatan di wilayah Kabupaten OKI, Minggu (9/9/2018), sejak tadi siang hingga sore hari tadi.

“Dari hasil laporan yang diterima dari petugas dilapangan, kurang lebih 11,5 Ha lahan yang terbakar di empat lokasi tersebut berhasil dipadamkan”, kata Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Septiyanizar, S.I.P., Minggu (9/9/2018).

Masing-masing keempat lokasi tersebut adalah berada di Ds.Serapek Kec. Teluk Gelam , lahan yang terbakar seluas kurang lebih 2 Ha. Selanjutnya di Ds. Talang Sari, Kec. Lempuing Jaya dengan luas kurang lebih 1,5 Ha. Kemuadian kebakaran lahan juga terjadi di Ds. Pelimpangan tepatnya di areal cetak sawah, Kec. Cengal seluas kurang lebih 6,5 Ha dan di Ds.Sukapule-4 Dusun Talang Waras Kec. Pedamaran, Kab. OKI seluas kurang lebih 1,5 Ha.

Tim Satgas Darat Karhutbunla yang terdiri dari Manggala Agni (MA), TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), RPK Perusahaan dan Tim Terpadu lainnya bersama-sama berjibaku padamkan api untuk mencegah meluasnya areal karhutbula.

‘Selain itu, Satgas Udara Karhutbunla dan  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumsel juga telah ikut mendukung pemadaman melalui udara dengan mengerahkan 2 Helly BNPB”, kata Dandim.

“Saat ini Satgas Darat dan Satgas Terpadu terus berjaga-jaga melakukan pemantauan dan pembasahan lahan guna mencegah api tidak timbul kembali”, terangnya.