DetakPalembang.com PALEMBANG – Tim penilaian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dipimpin langsung Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, Dodi Riyadmaji mengadakan kunjungan ke Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka penentuan pemenang kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif (Innovatif Govermment Award) tahun 2017.

Kedatangan tim tersebut untuk melihat langsung secara nyata inovasi daerah apa saja yang ada dan dikembangkan Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel. Rombongan diterima langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin, di Griya Agung Palembang Selasa (21/11).

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, berbicara inovasi daerah merupakan suatu yang harus dilakukan pemerintah daerah dan belum pernah dilakukan oleh daerah lain. Menurutnya, Provinsi Sumsel memiliki cukup banyak inovasi daerah baik di bidang pendidikan, kesehatan, dan lainnya seperti berbagai inovasi di komplek olahraga Jakabring Sport City.

“Silahkan lihat langsung dan berkunjung ke beberapa lokasi inovasi daerah di Sumsel, saya kira selama perjalanan nanti inovasi daerah tersebut sebagian sudah terlihat dan terbukti,” ungkapnya.

Plt. Kepala BPP Kemendagri, Dodi Riyadmaji mengatakan, kunjungannya di Sumsel untuk melihat langsung bentuk kebijakan inovasi daerah yang sebelumnya telah dipaparkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Jakarta beberapa minggu yang lalu.

Menurutnya, Provinsi Sumsel merupakan salah satu daerah yang masuk sebagai nominasi pada kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif (Innovatif Govermment Award) tahun 2017.

“Kita hanya ingin membuktikan apa yang sudah di presentasikan Gubernur Alex Noerdin, serta melalui catatan profil yang ada di Kemendagri. Kita akan berkunjung langsung ke beberapa tempat seperti ke Korem 044 Gapo, Rumah Sakit Mata dan berbagai lokasi lainnya termasuk Jakabaring Sport City,” tegas Dodi.

Lanjut Dodi Riyadmaji, kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif ditujukan untuk mendorong pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota melaksanakan inovasi daerah secara berkesinambungan dalam rangka memajukan daerah, meningkatkan kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat.

“Selain di Pemerintah Provinsi, kita juga akan melihat langsung inovasi apa saja yang di kembangkan beberapa daerah lainnya di Provinsi Sumsel seperti di Kabupaten Musi Rawas Utara,” pungkasnya.