Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam 3 minggu kedepan, Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Inspektorat TNI AD yang dipimpin langsung oleh Irjenad Mayjen TNI Johny L. Tobing didampingi Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto, S.I.P., M.M., M.Tr, (Han)., selaku Ketua Tim beserta anggota, melaksanakan Wasrik Post Audit di Kodam II/Swj. Menandai dimulainya kegiatan, hari ini Kamis (08/02) digelar Taklimat Awal di Gedung A.H. Nasution Makodam II/Swj.

Kehadiran Tim Wasrik diterima oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., Kasdam II/Swj Brigjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H., Irdam II/Swj Kolonel Czi Rido Hermawan, M.Sc., para Danrem jajaran Kodam II/Swj, Perwira Staf Ahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Komandan Satuan dan Kabalak Kodam II/Swj, LO TNI AL serta LO TNI AU Kodam II/Swj.

Dalam sambutannya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., mengucapan selamat  datang kepada Tim Wasrik Itjenad di Makodam II/Swj. Kegiatan Wasrik Post Audit menurut Pangdam II/Swj, memiliki arti penting dan nilai manfaat yang besar dalam meningkatkan kinerja organisasi. ”Kegiatan Wasrik pada hakikatnya merupakan aplikasi dari salah satu fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi”, tandasnya.

Pangdam II/Swj juga mengatakan bahwa, keberadaan Tim Wasrik Post Audit ini, juga diharapkan mampu memberikan pencerahan dan solusi dalam peningkatan kualitas kinerja serta terwujudnya tertib administrasi yang menyangkut bidang kinerja maupun bidang perbendaharaan, agar pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan, prosedur dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI AD.

Terkait hal itu, Pangdam II/Swj selanjutnya menekankan kepada Para pejabat di lingkungan Kodam II/Swj yang menjadi objek Wasrik, agar menerima Tim Wasrik Post Audit dengan penuh keterbukaan dan membantu kelancaran tugasnya, dengan menyiapkan data serta informasi yang diperlukan dengan baik, lengkap dan akurat yang terkait dengan pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA. 2017.

”Sudah menjadi tekad kita semua untuk meraih kembali Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, terhadap Laporan Keuangan TA. 2017, seraya terus melakukan peningkatan akuntabilitas dan kualitas kinerja. Oleh karenanya kita harus berusaha keras untuk mewujudkan tekad itu”, pungkasnya.

Sementara itu, Irjenad Mayjen TNI Johny L. Tobing mengatakan bahwa, pengawasan dan pemeriksaan merupakan bagian dari sistem manajemen modern, sebagai sarana pengendalian organisasi di lingkungan organisasi TNI AD. Sasaran kegiatan Wasrik Post Audit TA. 2017 adalah pada Bidang Umum, yang meliputi, Intelijen, Operasi, Personel, Logistik dan Teritorial, dengan prioritas pemeriksaan meliputi Pemanfaatan Aset, Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Pengadaan Barang dan Jasa, Penyediaan, Pekerjaan Lintas Tahun dan Pengelolaan Limbah.