Detak-Palembang.com BANYUASIN – Unit Reskrim Polsek Mariana Banyuasin meringkus tiga spesialis pencurian plat besi milik PT Pertamina. Ketiganya adalah, , Erwin alias Raden, Olik, dan M Feri Ashari. 

Kapolsek Mariana AKP Nazziruddin mengatakan, usai menerima pengaduan korban. Pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan ketiga tersangka.

“Modus yang digunakan para tersangka dengan cara berpura-pura mencari besi rongsokan. Ternyata mereka memotong besi plat penyangga tanah di bantaran sungai,” ucapnya.

Untuk barang bukti,lanjut Nazziruddin pihaknya mengamankan dua tabung oksigen, satu tabung gas elpisi, dua linggis, lima kabel las, dan satu unit mobil pickup Daihatsu Exspaas nopol BG 9637 JB.

“Tersangka akan dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan diatas lima tahun. Kita masih melakukan pengejaran terhadap tersangka lainnya yang masih buron,” cetusnya.

Sementara tersangka Feri mengaku baru satu kali ikut mencuri besi itu. Ia mengatakan terpaksa melakukan pencurian, dikarenakan tidak mempunyai uang untuk kebutuhan hidup.

“Kalau saya baru sekali ini Pak. Karena tidak mempunyai uang untuk makan, sebab tidak bekerja. Saya hanya bertugas mengangkat saja, yang potong besi itu AS,” ujarnya.

Di sisi lain, Olik mengaku sudah dua kali mencuri plat besi di lokasi. “ Kami jual di kawasan Musi II, satu kilo seharga Rp4 ribu. Uangnya untuk makan Pak. Kalau saya sudah dua kali,” pungkasnya.