Detak-Palembang.com LONDON – Manchester United ditahan imbang 2-2 oleh Burnley dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris di Old Trafford, Selasa (26/12) malam WIB. Jesse Lingard kembali jadi penyelamat, seiring dwigolnya mampu memangkas defisit dua gol Burnley di paruh pertama.

Bermain pada tradisi Boxing Day di Old Trafford, pasukan Jose Mourinho itu susah payah dalam menyamakan kedudukan.

Manchester United sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu karena gol dari Ashley Barnes pada menit ketiga dan Steven Defour (36′).

Adapun gol penyama kedudukan Manchester United dicetak oleh “sang penyelamat” Jesse  Lingard pada menit ke-53 dan pada pengujung waktu normal, yakni pada menit ke-90.

Bermain di kandang sendiri, Si Setan Merah justru dikejutkan oleh gol cepat Burnley di menit ketiga. Gol berawal dari tendangan bebas Kevin Long. Para pemain United tak mampu mengantisipasi bola dan menciptakan kemelut. Ashley Barnes kemudian menyambar bola muntah ke gawang David De Gea.

Terpukul oleh gol cepat, skuat Jose Mourinho coba menyamakan kedudukan. Juan Mata dan Luke Shaw berusaha melepas tembakan, tapi keduanya mampu digagalkan oleh barisan belakang Burnley.

Adapun Steven Defour justru menggandakan keunggulan di menit ke-36. Lewat tendangan bebas, gelandang Belgia itu mengirim bola ke sudut gawang De Gea. Sang kiper gagal menjangkau bola dan harus memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali.

Di paruh kedua, Mourinho menambah daya gedor timnya. Jesse Lingard masuk lapangan, disusul oleh Henrik Mkhitaryan.

Lingard ternyata langsung memberikan dampak nyata. Bintang Inggris itu mencetak gol balasan di menit 53 setelah menerima umpan mendatar Young dari sisi kanan.

Gol pembuka tersebut membuat United kian panas. Mereka terus menghujani gawang Burnley dengan ancaman, tetapi pertahanan tim tamu begitu rapat.

Lingard baru bisa menyamakan kedudukan ketika laga memasuki menit tambahan. Pemain 25 tahun itu menyambar bola yang berbelok karena membentur kaki Ben Mee. Sepakannya mengarah tepat ke sudut bawah gawang, memastikan satu poin untuk Setan Merah.

Hasil imbang ini bisa membawa United tertinggal jauh dari Manchester City. The Citizens kini unggul 12 poin atas United, tapi skuat Pep Guardiola masih menyimpan satu pertandingan.