Detak-Palembang.com PALEMBANG Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tinggal hitungan hari, 80,87% masyarakat Kota Palembang telah menentukan pilihan dan tidak akan mengubah pilihan pasangan calon Walikota maupun Wakil Walikota Palembang yang akan dipilih pada saat pencoblosan 27 Juni 2018 mendatang.

Hal itu terlihat dari paparan hasil survey persepsi masyarakat yang disampaikan Index Political saat konfrensi pers yang dilaksanakan di Hotel Santika Premiere, Jumat (22/06).

“Dari hasil survei dilakukan diseluruh Kecamatan kota Palembang, dapat dilihat masyarakat Palembang siap mengahadapi pemilihan umum 27 Juni mendatang dengan telah menentukan pilihan,” papar Direktur Elsekutif Index Politica, Denny Charter.

Dari empat pasangan calon (Paslon), yakni nomor urut 1 Harnojoyo-Fitrianti Agustinda, nomor urut 2 Sarimuda – Abdul Rozak, nomor urut 3 Akbar Alfaro – Hernoe Ruspriadji dan nomor urut 4 Mularis Djahri – Saidina Ali, pasangan incumbent (petahana) yakni nomor urut 1 menjadi pasangan paling unggul dari berbagai sektor  seperti popularitas, elektabilitas dan kepuasan kinerja.

“Secara umum masyarakat puas dengam kinerja Walikota dan Wakil Walikota sebelumnya. Hasil tersebut diambil dari dengan metode sampel muktistage random sampling dengan margin error sebesar +- 4.00% dan tingkat kepeuasan 95%,” jelasnya dihadapan awak media.

Denny mejelaskan, saat ini posisi incumbent sudah dalam posisi mengunci pimpinan klasmen elektabilitas, dengan angka kepuasan terhadap pasangan ini sebesar 70,1%, sementara elektabilitas (kesukaan) diangka  37,06% jika pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang diadakan saat ini, sedangkan pasangan Sarimuda – Abdul Rozak 25,71%, Akbar Alfaro – Hernoe 7,35% dan Mularis Djahri – Saidina Ali 12,85%.

“Elektabilitas pasangan calon ini dilakukan dengan pertanyaan tertutup, dengan pertanyaan jika pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang diadakan sekarang, masyarakat telah menentukan pilihan dengan suara mengambang 13%,” terangnya.