Detak-Palembang.com BALIKPAPAN – Persebaya Surabaya akhirnya didaulat juara Grup B Piala Gub Kaltim setelah menang telak dari Laskar Wong Kito skor 2-0 di Stadion Batakan, Balikpapan, Rabu (28/2) malam.

Atas perolehan itu Pelatih Sriwijaya FC (SFC) Rahmad Darmawan mengucap selamat kepada Bajul Ijo. Dan dia pun harus puas melihat prestasi anak asuhnya harus lolos dengan predikat runner up di Grup B.

“Saya ucapkan selamat kepada Persebaya mereka hari ini bermain sangat baik,”ucap RD.

Menilai perform anak asuhnya RD tidak kecewa baginya Risky Dwi Ramadhana dan kolega sudah bermain maksimal. Hanya saja pemainnya tepancing ritme lawan.

“Pemain telah menampilkan 100 persen kemampuan mereka. Hanya saja kita tepancing pola permainan lawan. Jadi ritme pertandingan mereka bisa kuasai,”ujar RD.

Dilanjutkannya anak asuhnya sudah mampu mengembalikan ritme pertandingan hanya saja. Dua gol kemausukan sangat sulit lagi dikejar. “Dua gol kita baru bisa menemukan gaya permainan. Tapi kondisi sudah terlambat. Tapi secara keseluruhan saya sangat apresiasi kerja keras pemain saya di lapangan,”pungkasnya.

Selanjutnya Pelatih Persebaya Surabaya Angel Alfredo Vera mengatakan, anak asuhnya bermain sesuai intruksi yang telah diberikan. Itu melihatnya optimis di babak semifinal anak asuhnya bisa memaksimalkan laga kedepannya.

“Semua sudah bermain sangat bagus. Pastinya kemenangan ini menjadi modal cukup besar untuk kami kedepan,”pungkasnya

Sekilas jalannya pertandingan kedua tim memulai pertandingan dengan menerapkan permainan tempo tinggi.

Ricky Kayame menyambut tendangan sepak pojok pada menit kelima, tetapi sundulanya masih bisa diamankan oleh penjaga gawang Sriwijaya FC, Sandi Firmansyah.

Peluang terbaik kembali diperoleh skuat Bajul Ijo, julukan Persebaya, melalui pola serangan balik cepat.
Ricky Kayame kembali menjadi momok menakutkan bagi lini bertahan Laskar Wong Kito, seusai kecepatan dan kelincahannya mampu mengelabui pemain belakang Sriwijaya FC.

Namun, kiper Laskar Wong Kito Sandi Firmansyah berhasil mengemban tugasnya dengan baik dengan mementahkan sepakan Ricky Kayame.

Hingga water break babak pertama, skor kacamata masih bertahan.
Pada menit ke 38, kapten Sriwijaya FC Yu Hyun-Koo harus menerima perawatan dari tim medis seusai bertabrakan dengan sesama pemain Sriwijaya.

Setelah kembali bermain, Hyun-Koo kembali terlihat mengalami masalah dengan kepalanya. Ia pun kembali menepi dari lapangan dengan dibantu tim medis Sriwijaya FC.

Persebaya akhirnya mampu mengakhiri kebuntuan pada penghujung babak pertama.Berawal dari penetrasi Ricky Kayame di sisi kiri pertahanan Sriwijaya FC, Fandi Eko Utomo berhasil menyambut umpan silang mantan pemain Persipura Jayapura tersebut.

Babak pertama pertandingan berakhir dengan keunggulan Persebaya Surabaya atas Sriwijaya FC dengan skor 1-0. Di babak kedua Persebaya Surabaya mentasbihkan predikat sebagai juara Grup setelah gol kedua mengkokohkan kemenangan skor akhir 2-0.