Sejumlah Ulama Apresiasi Gerakan Sholat Subuh Berjamaah Everyday Succes With Subuh yang Digagas Harnojoyo

Detak-Palembang.com PALEMBANG –Sejumlah Ulama Kondang Kota Palembang memuji gerakan sholat subuh berjamah yang digagas Walikota Palembang Harnojoyo. Everyday Succes With demikian sebutan untuk gerakan sholat subuh berjamaah dinamai.

Gerakan memakmurkan masjid yang sudah satu tahun lebih dijalankan Harnojoyo secara konsisten  dengan bersafari setiap hari menyambangi masjid, mushollah, langgar dan surau akhirnya dikukuhkan secara resmi sebagai program pemerintah Kota Palembang malam ini, Sabtu (12/03) dalam acara pembukaan MTQ.

Ustadz KH. Kgs Nawawi Dencik Al Hafizd menyatakan belum pernah ada gerakan  yg seperti ini bahkan di Indonesia, kita patut bangga dengan Walikota Palembang. Dengan menggalakan sholat subuh berjamah dan membaca alqur’an adalah tauladan pemimpin kepada rakyatnya.

“Orang yang rajin baca alquran tak akan terkena penyakit pikun karena ribuan sel otak akan bekerja saat membaca Alqur’an. Apalah dengan menggalakan sholat subuh berjamaah disetiap masjid dan mushollah. Kita doakan semoga Walikota Palembang dipanjang umur oleh Allah SWT,” ujarnya dalam tausiah saat launching Gerakan Sholat subuh berjamaah.

Habib Mahdi Muhammad Syahab juga memberikan apresiasi gerakan subuh berjamaah yg digagas Walikota Palembang Harnojoyo. Gerakan  memakmurkan masjid tentu memerlukan kosistensi dalam komitmen, hal ini sudah ditinjukan Harnojoyo.

“Saya sangat menghargai gerakan yang digagas Walikota Palembang dangan sholat subuh berjamaah di masjid keliling kepenjuru  Kota Palembang memakmurkan Rumah Allah. Mudah mudahan kedepan Sholat subuh di Palembang bisa seramai Sholat Jumat,” ulasnya saat tausiah.

Harnojoyo sendiri menjelaskan mengapa baru sekarang di launching? Padahal safari sholat subuh sudah lebih dari satu tahun dilaksanakannya.

“Kenapa baru di launching, karena saya ingin melihat dulu konsistensi saya menjalankan sholat subuh di masjid di penjuru Kota Palembang,” ungkapnya.

Rencananya mulai minggu depan sholat subuh berjamaah akan dilaksanakan serentak. Walikota Palembang akan mengawali sholat subuh berjamaah serentak di Kota Palembang.

“Minggu depan kita akan lakukan serentak sholat subuh berjemaah di setiap kecamatan kota Palembang. Saya akan sholat di Masjid Agung kemudian akan teleconference memastikan kegiatan sholat  subuh berjamaah di tiap kecamatan,” imbuhnya.

Harnojoyo menambahkan usai serentak sholat subuh berjamaah seminggu sekali disetiap kecamatan berikutnya kegiatan sholat subuh berjamaah dilaksanakan di setiap kelurahan. Kegiatan ini juga akan dilaksanakan disetiap Rukun Tetangga hingga setiap seluruh masjid akan ramai tiap masjid.

“Harapan pemerintah Kota Palembang hingga tiap masjid akan ramai jamaah yang sholat subuh. Mudah mudahan cepat terealisasi,” bebernya.

Dalam kegiatan safari sholat subuh, selain bertujuan memakmurkan masjid, Mushola dan langgar,  setiap usai subuh Walikota Palembang bersama pejabat instansi terkait selalu membuka dialog menangkap aspirasi warga. Bahkan Harnojoyo selalu menyempatkan diri mendatangi langsung sumber keluhan untuk bersama mencari solusi. Hal ini juga dilakukan Walikota usai Sholat Jumat.

“Kadang kita menemukan rumah warga yang tak layak, warga tak mampu yang sakit, dari sinilah saya tau apa yang menjadi keluhan dan solusi apa yang tepat. Bahkan saya sebisanya menyempat diri mendatangi tokoh masyarakat untuk berdialog. Inilah salah satu tujuan kita, kalau sholat subuh setiap hari bisa  kita lakukan dimana saja,” tutup Walikota Palembang.