Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Dengan pengunduran diri Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dan Ishak Mekki sebagai Wakil Gubernur maka pemerintahan di Sumsel akan dipimpin Penjabat (PJ) oleh pejabat yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo.

Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Selatan (DPRD Prov Sumsel) Muhammad Yansuri mengatakan, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 130 /P tahun 2018 Diktum Kedua, Hadi Prabowo Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) ditunjuk menjadi PJ Gubernur Sumatera Selatan sampai ditetapkannya Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih secara definitif.

“Pelantikan Hadi Prabowo sebagai PJ akan dilaksanakan pada tanggal 21 September 2018. Pelantikannya akan dilaksanakan di Griya agung,” jelas Yansuri Usai Sidang Paripurna Istimewa ke XXV di Ruang Sidang DPRD Sumsel, Rabu (19/09).

Lebih lanjut Yansuri menyampaikan, pengangkatan Hadi Prabowo sebagai PJ karena pengunduran diri Alex Noerdin dan Ishak Mekki untuk maju menjadi calon legislatif. Berdasarkan peraturan Alex Noerdin dan Ishak Mekki harus mengajukan pengunduran diri, walaupun tidak mengajukan pengunduran diri maka secara otomatis mengundurkan diri pada tanggal 23 September 2018.

“Kewenangan PJ hanya bersifat administrasi tidak untuk APBD. Karena APBD akan dimasukkan program gubernur baru seperti yang dijanjikan  saat kampanye,” tutupnya.