Detak-Palembang.com KEDIRI – Publikasi secara masif bukanlah pekerjaan semudah membalik telapak tangan dan hal ini dirasakan Kapenrem 082, Mayor Caj Chandra Yuniarti dalam mengekspos TMMD 103 yang dihelat di Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Sabtu (20/10).

Baginya, berbagai aktifitas khususnya di Desa Blimbing, tidak bisa lepas dari publikasi berbagai jenis media. Publikasi, mutlak diperlukan agar publik tahu apa saja dan bagaimana aktifitas selama sebulan di Desa Blimbing ,serta koneksinya dengan dampak positif yang ditimbulkannya.

“Saya membagi publikasi ini ada dua, pertama aktifitas fisik dan yang kedua non fisik, keduanya saling terkait satu sama lain. Baik fisik atau non fisik, semua warga sekitarnya akan terkoneksi, entah itu langsung atau tidak langsung,” jelasnya kepada kru media radio lokal dalam keterangan persnya.

Beberapa media ,baik lokal, regional Jawa Timur maupun luar Jawa Timur, berusaha semaksimal mungkin ia kontak, untuk bersedia membantu dan mengekspos berbagai aktifitas yang berlangsung di Desa Blimbing.

“Saya berupaya semaksimal mungkin, agar publikasi disini tidak menyempit, tapi melebar. Untuk itu, saya sudah berupaya menggandeng media-media yang berkenan atau mau mempublikasikan berbagai kegiatan disini. Saya sangat berterima kasih sebesar-besarnya atas bantuan publikasi yang akan maupun sudah dilakukan rekan-rekan media,” sambungnya.

Jejak dari interaksi langsung dengan publik, bisa dilihat dari apa saja yang sudah terpublikasi di media. Misalnya, TMMD sebelumnya, baik yang ada di Jombang maupun Mojokerto, semua rekam jejak digitalnya masih ada dan lengkap. Dari aktifitas fisik dan non fisik bisa diketahui jejak digitalnya di media online sampai hari ini.

“Jejak digital bisa jadi dasar, apa yang sudah dilakukan dan disana juga jelas dengan siapa atau dimana dilakukannya. Kalau publikasi itu dilakukan secara masif dan spartan, saya yakin akan muncul persepsi positif dan persepsi itu dibangun bukan tanpa sebab, tentu ada sarana lain dan sarana itu ialah media,” pungkasnya.