Detak-Palembang.com PALEMBANG – Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang saat ini sudah menjadi rumah sakit rujukan nasional bagi lima provinsi yakni Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung, hal itu diungkap Direktur Utama RSMH, Dr. Mohammad Syahril Sp.P, MPH.

Dikatakan M. Syahril, banyak kasus-kasus penyakit yang dapat tertolong di sini, jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta atau keluar negeri karena RSMH mempunyai sumber daya yang bagus dan alat alat yang cukup canggih.

“Misalnya penyakit jantung, pasang ring tidak perlu jauh-jauh, ke sini saja karena lebih murah. Kalau ke Singapura lebih mahal atau ke Jakarta yang antriannya cukup panjang,” ungkapnya usai memperingati Nuzulul Quran di Masjid RSMH, Sabtu (01/06).

Lanjutnya, untuk penyakit seperti kangker mulai dari deteksinya sampai ke pengobatannya dapat di RSMH. Juga Bedah yang lubangnya hanya kecil, kalau dulu bedah lubangnya besar dengan menggunakan alat-alat yang ada disini. Untuk transpalasi ginjal sudah lama dapat dilakukan disini.

“Dalan tahun ini akan direalisasikan program bayi tabung, tinggal menunggu tenaganya yang sedang kita sekolahkan, alat dan sarana yang lain sudah tersedia,” tutupnya.