Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, kembali dipercaya menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) cabang olahraga renang. Kali ini kejurnas Renang kelompok umur 2017, yang diadakan di Venue Akuatik Jakabaring, mulai 21-25 April 2017. Sumsel mengandalkan 80 atlet dalam kejurnas ini. 

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumsel Drs Widodo, menjelaskan, hari pertama kejurnas digelar pada Jumat (21/4). Hari pertama mempertandingan 44 nomor perlombaan, baik itu 400 meter gaya bebas putra dan putri, 100 meter gaya dada putra dan putri, 50 meter gaya kupu-kupu putra dan putri, dan terakhir 200 meter gaya ganti perorangan putra putri.

Ia mengatakan, kejurnas yang diikuti peserta dari 27 provinsi ini, menjadi persaingan sengit bagi para atlet top Indonesia, karena bukan hanya mendapat medali namun juga dapat menjadi wakil Indonesia pada SEA Games 2017 di Malaysia.

“Jadi kejurnas ini akan menjadi persaingan ketat,” jelas dia, Kamis (20/4).

Sementara itu, Hunce J Hamzah,  Sekretaris Umum PRSI Sumsel menambahkan, pada  single event nasional ini, Sumsel menurunkan 80 atlet andalan yang terdiri dari 35 atlet renang, 15 atlet loncat indah dan 30 atlet polo air.

“Juri dan wasit pada kejurnas ini  semua bertaraf nasional. Pemilihan untuk menjadi wakil Indonesia di SEA Games Malaysia tahun ini, akan sangat selektif di kejurnas ini,” jelas dia.