Detak-Palembang.com PALEMBANG – Menjadi kebanggan tersendiri bahwa sistem transportasi yang dbangun di Kota Palembang telah lebih baik dan maju dibandingkan dengan kota lain di Indonesia. Palembang memiliki sarana transportasi yang lengkap, serta telah dibangunnya sarana Light Rapid Transit (LRT) yang belum ada di Indonesia.

Demikian diutarakan perwakilan Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung Hikmatulqodar, pada kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Bandung di Palembang, Jumat (10/11). Kunjungan Pemerintah Kabupaten Bandung tersebut untuk menggali tentang sistem transportasi lalu lintas, kiat mempertahankan Adipura, dan pengalihan fasilitas umum dari pengembang perumahan ke pemerintah.

“Kami memilih Palembang sebagai obyek kunjungan kerja kami, dikarenakan Palembang sudah 11 kali berturut-turut menerima Adipura. Selain itu perencanaan transportasi lalu lintas di Palembang telah lebih maju dari kota lainnya, termasuk Jakarta,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Dishub Palembang Agus Supriyanto mengakui bahwa Palembang merupakan kota dengan moda transportasi yang lengkap. Menurutnya, lengkapnya moda transportasi ini merupakan tantangan bagi Pemerintah Kota Palembang untuk terus berinovasi dalam menyediakan sarana transportasi yang aman, nyaman, dan murah bagi masyarakat.

“Palembang memiliki Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi, Bus Air, Kereta Api, dan sarana transportasi udara. Seluruh sarana transportasi tersebut terintegrasi satu dengan lainnya sehingga dapat memudahkan mobilitas warga,” ujarnya.