Detak-Palembang.com OKU SELATAN – Untuk memberikan pembekalan mengenai dungsi pengawasan pemilu kepada anggota parmuka, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Perkemahan Bhakti Adyastha di Villa Pusri Danau Ranau Kabupaten OKU Selatan, 15-17 Desember.

Ketua Bawaslu Sumatera Selatan Edi Junaidi, Sabtu (16/12) sore kepada wartawan mengungkapkan, kemah ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam pelaksanaan pemilu mendatang kepada anggota pramuka.

Perkemahan ini lanjut Junaidi diikuti oleh 480 peserta peserta  kwarcab dari 15 kabupaten/kota dimana setiap kwarcab mengirimkan 1 regu ditambah 4 regu dari kwarda provinsi.

Kegiatan ini adalah kegiatan turunan, dimana Bawaslu RI sudah bekerjasama dengan Kwarnas Gerakan Pramuka untuk memberikan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam mensukseskan pemilu.

Pelibatan pramuka ini karena pramuka dinilai masih memiliki idealisme dan semangat gotong royong yang kuat selain itu juga masih dianggap selalu netral.

Pelibatan ini juga karena adanya keterbatasan personil panwas di lapangan, dimana bisa saja wilayah pengawasannya sangat luas serta memiliki pemilih yang banyak.

“Nantinya mereka akan dibekali ilmu pengetahuan, surat tugas dan kartu ID dalam menjalankan tugasnya” terang ketua bawaslu itu.

Mereka nantinya akan diberdayakan menjadi relawan atau bahkan pengawas TPS dengan 2 orang atau lebih untuk setiap TPS nya.