Detak-Palembang.com Palembang – Panwaslu Kecamatan Bukit Kecil, mengundang seluruh stakholder Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) untuk membantu mengawasi jalannya proses Pemilihan Walikota hingga 27 Juni nanti. Hadir dalam sosialisasi Tokoh Masyarakat, Polsek, Koramil, PPK, penguat Media dan camat Bukit Kecil. Acara sosialisasi bersama eluruh stake holder ini berlangsung di aula Kantor Camat Bukit Kecil.

“Kami mengharapkan, seluruh lapisan masyarakat untuk membantu kerja Panwas dalam mensukseskan Pilwako nanti,” ungkap Kms. Umar Jayanegara dihadapan undangan, Sabtu (26/05).

Hampir kurang lebih enam bulan ini lanjut pria yang disapa Dedek Umar ini menyampaikan, Panwacam Bukit Kecil telah melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), 4 pasangan calon. Namun memang masih ada beberapa APK di pelosok pelosok yang belum ditertibkan.

“Kita tidak tebang pilih, semua ditertibkan. Dan bila melihat APK yang ilegal tolong dilaporkan kepada kami. Masa tenang nanti, semua APK akan dibersihkan,”ujarnya.

Komisioner Panwaslu Kota Palembang, divisi Pencegahan dan Hubungan Antar lembaga Dadang Apriyanto menerangkan, Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah tidak akan berjalan dengan maksimal bila, masyarakat tidak berperan aktif membantu, dan memberikan informasi terkait pelanggaran oleh pasangan calon maupun tim sukses.

“Kami mengajak Bapak, Ibu tokoh masyarakat untuk melaporkan segala bentuk kecurangan,”harapnya. Dadang juga menyampaikan kepada peserta agar masyarakat mempercayakan proses penegakan aturan maupun proses sengketa kepada dalam pilkada ini kepada Panwaslu Kota Palembang. Menurut Aktivis Kota Palembang ini kota Palembang harus tetap kondusif dan damai, karena perhelatan akbar Asian Games sudah menunggu. “ perayaankan kepada kami untuk menyelesaikan proses penegakan aturan ataupun sengketa pilkada.Kepercayaan masyarakat sangat penting karena kedepan pasca pilkada kita akan menggelar Asian Games ke VIII,”ujarnya. Sementara itu, Camat Bukit Kecil H. Ahmad Furqon mengucapkan terimakasih atas digelar sosialisasi yang diberikan oleh Panwas. “Kami pihak kecamatan Bukit Kecil, Suport habis mensukseskan Pilkada 27 Juni,”tegasnya. Lanjutnya, Selaku perpanjangan tangan Pemerintah, Kecamatan Bukit Kecil, tidak melakukan tebang pilih dalam penertiban APK. “Bila APK yang diturunkan, berarti itu melanggar prosedur yang ada. Pihak kecamatan sifatnya hanya mensuport dan backup penertiban,”singkatnya.